23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kenang Leluhur 7 Pusaka Ki Andong Sari Dikirab

blokbojonegoro.com | Monday, 17 July 2023 14:00

Kenang Leluhur 7 Pusaka Ki Andong Sari Dikirab

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bulan Muharram atau dalam hitungan Jawa yaitu Sura, Kirab Pusaka Ki Andong Sari ke-241 di Kelurahan Ledok Kulon, Bojonegoro. Kembali digelar dan diiringi beragam seni budaya yang mengiringi sembilan pusaka yang dikirab.

Kirab pusaka digelar Senin siang (17/07/2023) diikuti oleh Lurah Ledok Kulon dan Wetan, Kader PKK, tokoh masyarakat, agama hingga warga sekitar. 

Kirab Pusaka Ki Andong Sari dibawa untuk mengelilingi jalan-jalan Kelurahan Ledokkulon dan singgah sebentar di Kelurahan Ledokwetan. Kirab pusaka ini bertujuan untuk mengenang jasa para leluhur serta mengikuti ketauladanan Ki Andong Sari.

Ki Andong Sari merupakan salah satu tokoh asal Kelurahan Ledokkulon, Kabupaten Bojonegoro yang jasanya dikenang masyarakat Ledok hingga sekarang. Selain itu, kirab pusaka sebagai pengingat dan melestarikan budaya.

Ketua Panitia Kirab Pusaka Ki Andong Sari, Hari Susanto menegaskan meski tahun ini untuk penanggalan bulan sura tidak ada selasa kliwon alias hari meninggalnya mbah Andong Sari. Tetapi berdasarkan kesepakatan warga dan sudah dilakukan musyawarah, maka pelaksanaan Haul ke-241 digelar Senin. 

"Agendanya ada Tahtimul Qur'an, Jamasan Pusaka, Kirab Pusaka, Tahlil dan pengajian kemudian dilanjutkan sedekah bumi," ungkap Hari Susanto. 

Sementara itu, peserta kirab Ki Andong Sari sebanyak 8 regu dan 250 lebih peserta yang menampilkan beragam tradisi dan budaya hingga kuliner lokal khas Ledok yaitu tahu. 

"Semua atas partisipasi warga sekitar, ada anak-anak, remaja, ibu-ibu, Lansia bahkan kader PKK," ujarnya. 

Terpisah, Camat Bojonegoro, Mochlisin Andi Irawan menambahkan pelaksanaan Haul sesuai penanggalan Sura yaitu Selasa Kliwon selasa kliwon. Namun di tahun ini, di penanggalan Sura tidak ada Selasa Kliwon maka dimajukan berdasarkan musyawarah bersama. 

 "Patut kita bangga di Kelurahan Ledok ada satu ulama Mbah Ki Andong Sari. Beliau menjadi kiblat kita dalam mengembangkan pembangunan Bojonegoro. Tokoh Islam seorang muslim tidak salah dan kita memberi Haul meski setahun sekali," sambung Camat Bojonegoro.

Pihaknya juga berpesan kepada warga sekitar maupun tokoh masyarakat yang hadir, bahwa ziarah makam leluhur jangan hanya dilakukan satu tahun sekali. "Juga Kirab Pusaka Ki Andong Sari perlu ditingkatkan dan di uri-uri tiap tahunnya agar meningkat," pesannya. [liz/lis]

Tag : kirab, pusaka, andongsari



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat