19:00 . Pemred bB Berbagi Pengetahuan Kinerja Redaksi pada Mahasiswa PAI UNUGIRI   |   18:00 . Pimred bB Bagi Tips Cara Kelola Media untuk Mahasiswa PAI UNUGIRI   |   17:00 . PJ Bupati: Pemkab Berkomitmen Dukung PMI Bojonegoro untuk Bantu Masyarakat   |   16:00 . Seorang Pelajar di Bojonegoro Dibacok Gerombolan Pemuda Tak Dikenal   |   14:00 . Peringati Hari Relawan dan HUT UDD, PMI Bojonegoro Serahkan Penghargaan Donor   |   12:00 . Bojonegoro Targetkan Tahun 2030 Zero AIDS   |   10:00 . Puncaki Klasemen Grup N, Gawang Persibo Baru Satu Kali Kebobolan   |   18:00 . Pertandingan Sengit, Persibo Bojonegoro Tundukkan Persatu Tuban 3-1   |   14:00 . DPR-RI Berharap Kapolres Bojonegoro yang Baru Lebih Transparan ke Publik   |   13:00 . Berikut Pemain Persibo Bojonegoro yang Bakal Merumput Lawan Persatu Tuban   |   12:00 . Klunting...!!! BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau Cair Rp2 Juta   |   11:00 . Munas VII, HMP PAI Unugiri Hadiri Forsima PAI Se Indonesia di Malang   |   10:00 . Anggaran Revitalisasi Trotoar Setahun Capai Rp30 Miliar   |   09:00 . Hadir di Makul Jurnalistik, Pemred bB Bekali Mahasiswa PAI UNUGIRI Kompetensi Jurnalis   |   08:00 . Tak Sesuai Mekanisme, Sekdes Margoagung Tolak Pemberhentian   |  
Mon, 11 December 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Tugu Silat di Bojonegoro Dibongkar, 4 Diubah Jadi Tugu Pancasila

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 August 2023 07:00

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sebanyak tujuh tugu pencak silat di Kabupaten Bojonegoro dibongkar secara suka rela oleh masing-masing anggota organisasi pencak silat. Empat tugu diantaranya, akan diubah menjadi Tugu Pancasila.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kapolres Bojonegoro melalui Kabag Ops. Polres Bojonegoro, Kompol Budi Santoso. Pihaknya mengungkapkan, hingga saat ini tercatat di Kabupaten Bojonegoro sudah ada 7 tugu perguruan silat yang dibongkar maupun di ubah menjadi tugu persatuan (pancasila).

"Sampai saat ini sudah ada 7 tugu di Kabupaten Bojonegoro yang dibongkar,” ungkap Kompol Budi.

Kompol Budi menambahkan, pihaknya mengapresiasi atas inisiasi pembongkaran tugu secara suka rela yang dilakukan oleh jajaran pengurus pencak silat, seperti yang baru dilakukan oleh Pengurus Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa cabang Bojonegoro.

"Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Ketua Cabang dan seluruh Anggota Pagar Nusa Bojonegoro, yang telah berinisiatif sendiri melakukan penertiban tugu di wilayah Kabupaten Bojonegoro, semoga dengan pembongkaran tugu dari teman-teman Pagar Nusa ini, dapat menjadi contoh bagi para Ketua Perguruan silan yang lain untuk melakukan penertiban tugunya masing-masing,” ujar Budi.

Sementara itu, Ketua Cabang Pagar Nusa Bojonegoro Bisri Choiron menjelaskan, pembongkaran tugu ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Bakesbangpol Pemprov Jatim dan Bakesbangpol Bojonegoro dan sosialisasi dari Polres Bojonegoro untuk dilakukan penertiban tugu pencak silat.

"Hari ini kita laksanakan pembongkaran tugu sebagaimana himbauan dari Bakesbangpol Jatim melalui Bakesbangpol Bojonegoro juga sosialisasi dari Polres Bojonegoro, dan langsung kami laksanakan,” kata Kiai Bisri.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada dua tugu Pagar Nusa di Kabupaten Bojonegoro yang dibongkar. Satu tugu di Kecamatan Malo dan satu lagi di Kecamatan Kedungadem.

"Semoga dengan dilaksanakannya pembongkaran tugu ini dapat menginspirasi seluruh pendekar Pagar Nusa di PAC masing-masing untuk segera dibongkar, dan umumnya juga bagi seluruh pegiat pencak silat di Bojonegoro agar juga melakukan hal yang serupa, " pungkasnya.

Sekadar diketahui, pembongkaran tugu yang berada di Desa Kedungadem Kecamatan Kedungadem itu dikawal oleh Polres Bojonegoro dan disaksikan langsung oleh Pengurus Cabang (PC) Pagar Nusa Bojonegoro, perwakilan Bakesbangpol, Jajaran Forpimca Kedungadem dan sejumlah pendekar Pagar Nusa.

Adapun rincian tugu yang sudah dilakukan penertiban di Kabupaten Bojonegoro yakni di Kecamatan Kota Bojonegoro ada 2 (1 tugu RASA dan 1 tugu PSHT di ubah jadi tugu pancasila), di Kecamatan Gondang 1 tugu IKSPI (dibongkar) di Kecamatan Kasiman 1 tugu PSHT (diubah tugu pancasila) Kecamatan Trucuk 1 tugu PSHT (diubah tugu Pancasila). Kemudian, Kecamatan Malo 1 tugu Pagar Nusa (dibongkar) dan di Kecamatan Kedungadem 1 tugu Pagar Nusa (dibongkar). [riz/lis]

 

Tag : Tugu, silat, Pancasila



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 24 October 2023 06:00

    Bojonegoro Digital Forum Hadir di 12 Kampus

    Bojonegoro Digital Forum Hadir di 12 Kampus Setelah menjalankan program Bojonegoro Digital Forum (BDF) pada 2022 lalu, blokBojonegoro.com (Blok Media Group) menindaklanjuti dengan Bojonegoro Digital Forum Road to Campus (BDF RTC) 2023....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat