21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PMII Tuntut DPRD Bojonegoro Transparan Anggaran Pengelolaan Website

blokbojonegoro.com | Wednesday, 23 August 2023 20:00

PMII Tuntut DPRD Bojonegoro Transparan Anggaran Pengelolaan Website

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Buntut seringnya laman website DPRD Bojonegoro diretas oleh oknum yang tak bertanggungjawab. PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bojonegoro tuntut DPRD Bojonegoro untuk transparan dalam mengelola anggaran perawatan website.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Ketua PC PMII Bojonegoro, Danang Prasetyo dalam keterangan yang diterima blokBojonegoro. Pihaknya menuntut  transparansi anggaran terkait pengadaan dan perawatan Website pemerintahan untuk bisa diketahui oleh rakyat Bojonegoro demi sehatnya demokrasi.

“Kami menuntut DPRD paska kejadian peretasan website ini untuk melakukan transparansi APBD mengenai pengadaan dan perawatan website agar bisa diawasi oleh seluruh rakyat Bojonegoro,” ungkap Danang, Selasa (22/8/2023).

Selain itu, dirinya juga mengaku menyayangkan kejadian tersebut terjadi dan berulang beberapa kali. Mengingat APBD Kabupaten Bojonegoro yang cukup tinggi, bahkan nomor 2 se Jawa Timur, semestinya keamanan website bisa lebih terjaga, lantaran website tersebut sebagai etalase informasi publik.

“Kami dari PC PMII Bojonegoro sangat menyayangkan kejadian tersebut, apalagi dengan APBD tertinggi nomer 2 Jatim, pemerintahan harus memperhatikan fundamental teknologi seperti keamanan website mengingat sebagai etalase informasi publik,” pungkasnya

Sebelumnya diberitakan, postingan tidak jelas sempat muncul di website Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Minggu (20/8/2023) siang. Hal itu tampak dari sejumlah tulisan judul maupun poster mengenai kritik pemerintahan, yang diduga dilakukan oleh hacker.

Dari penelusuran tim blokBojonegoro.com, dugaan peretasan web oleh hacker sempat terlihat sekira pukul 13.40 WIB. Saat itu ada konten tulisan berisi 'Komisi Cuaks' yang seharusnya adalah Komisi C saja.

Tak hanya merubah kata dari Komisi C menjadi Komisi Cuaks, hacker juga mengubah beberapa kalimat dalam butiran poin, seperti 'pendidikan' lalu ditambah kalimat 'yang kurang', lalu nomor 2 tentang kesehatan juga dibumbui tambahan kata 'yang sangat rendah'. Demikian pula poin nomor 3 hingga seterusnya yang kalimatnya ditambah dengan imbuhan yang berbau semacam kritik.

Tak sampai di situ saja, terlihat sang hacker juga menambahkan konten berita berikut poster sejenis kritik berbau pedas. Mulai dari judul berita tentang FGD yang dipelesetkan jadi Forum Gay Discussion, berita judul 'Rapat Pariporno', poster gambar tikus berikut judul 'DPRD Kerjanya Apa', hingga penambahan headline berita berjudul 'Faktor Utama Rendahnya SDM Indonesia, Karena Dana APBD dihabiskan untuk Anggota DPRD lengkap dengan beberapa paragraf narasi.

Kesemua konten yang ada di alamat web dprd.bojonegorokab.go.id/main.php ini pun sempat jadi perbincangan. Banyak pula netizen yang menilai jika sistem keamanan dari web tersebut tak memiliki proteksi yang kuat, sehingga dapat mudah diobrak-abrik oleh penjahat dunia maya. [riz/lis]

 

Tag : Dana, website, DPRD



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat