23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jembatan Kaliketek Mulai Retak

Resah Pondasi Jembatan Kaliketek Alami Keretakan

blokbojonegoro.com | Monday, 11 September 2023 15:00

Resah Pondasi Jembatan Kaliketek Alami Keretakan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebelumnya beredar sebuah video di sosial media yang menyebutkan bahwa pondasi sisi Jembatan Kaliketek sebelah selatan turut Kelurahan Banjarejo mengalami keretakan yang cukup lebar. 

Pantauan blokBojonegoro.com di lapangan, salah seorang warga RT 23, Kelurahan Banjarejo, Tri Nurdiana menegaskan bahwa kondisi keretakan pondasi sisi jembatan sudah berlangsung sejak dua tahun silam. 

Hal ini dikarenakan akibat tonase kendaraan berat yang melintas di Jembatan Kaliketek, kondisi alam. Dan salah satunya karena ulah tambang pasir di Bantaran Sungai Bengawan Solo. 

"Kalau di bawah Jembatan Kaliketek salah satunya karena aktivitas penambangan pasir. Dampaknya tanah milik warga di bantaran sungai bengawan solo terlihat cekung dan longsor," ungkap Tri Nurdiana.

Menurutnya, terkait aktivitas tambang pasir sendiri rupanya sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Bahkan sudah berlangsung tahunan, rupanya dari satuan polisi Pamong Praja (SatPol PP) pun juga sudah sering melakukan sweeping penambang pasir di sekitar Kelurahan Banjarejo. Namun tak dihiraukan oleh penambangan pasir tersebut.

"Kalau dari satuan polisi Pamong Praja sudah pernah datang, ya ketika satpol PP datang mereka pergi. Nanti satpol PP selesai sweeping datang lagi rombongan penambang pasir perahu," tuturnya. 

Terpisah, Lurah Banjarejo, Ahmad Yusuf menegaskan terkait keretakan pondasi sisi Jembatan Kaliketek sebelah selatan. Pihaknya bersama RT dan RW di Kelurahan Banjarejo sudah melakukan beberapa koordinasi internal. 

Keretakan pondasi Jembatan Kaliketek menurutnya, pertama karena kondisi alam. Kedua kemungkinan tonase kendaraan berat, kemudian salah satunya dimungkinkan akibat dari kegiatan penambangan pasir.

"Di musim kemarau kondisi Jembatan ini pondasinya tampak menggantung. Dan terlihat ketika air Bengawan Solo surut atau tidak sampai di dasarnya," sambung Lurah Banjarejo. 

Perlu kita tahu, terkait aktivitas penambangan pasir sendiri ada yang ilegal dan legal. Salah satunya yang dilarang yaitu penambangan pasir menggunakan alat berat, dengan radius 500 meter dari sisi kanan dan kiri jembatan.

"Karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi kekuatan Jembatan. Sedangkan yang diperbolehkan penambangan menggunakan manual," imbuhnya. 

Lanjut Lurah Banjarejo, terkait kondisi retaknya Pondasi Jembatan Kaliketek tersebut. Pihak Kelurahan Banjarejo bersama warga sudah melaporkan ke Dinas terkait. "Dan perorangan atau kelompok sudah melakukan kegiatan penghalauan tambang pasir," bebernya.[liz/lis]

 

Tag : Jembatan, kaliketek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat