23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bawa Isu Perubahan Iklim, Farmer's Fun Day 2023 Semangati Petani

blokbojonegoro.com | Tuesday, 05 September 2023 11:00

Bawa Isu Perubahan Iklim, Farmer's Fun Day 2023 Semangati Petani

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sebagai negara agraris, sektor pertanian memiliki posisi yang sangat strategis sebagai penopang dalam pemenuhan pangan masyarakat Indonesia, sehingga peningkatan komoditas pertanian amat perlu dilakukan.

Disaat krisis pangan menjadi tantangan, ancaman, serta ketidakpastian kondisi iklim, sosial, ekonomi, politik, dan dengan adanya invasi Rusia ke Ukraina yang berdampak pada produktivitas pertanian, Kementrian Pertanian melalui Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Pertanian telah menjalankan berbagai upaya dan strategi untuk mengatasi pengurangan produktivitas pertanian akibat kekeringan di beberapa akhir bulan ini.

Salah satu strategi yang diterapakan yaitu dengan melakukan prediksi terjadinya perubahan iklim, menyiapkan sarana dan prasarana pertanian, dan sumber daya yang diperlukan ungkap Ir. Sumardi Nur, M.Si selaku kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan.

Lebih khusus yaitu dengan penyesuaian pola dan waktu tanam, pengelolaan air dan pemanfaatan sumber daya air alternatif, penyelamatan dan perlindungan serta pemberdayaan petani. Keberhasilan upaya mengatasi dampak Elnino dan perubahan iklim lainnya, membutuhkan peran serta petani dan Pemerintah Daerah, sehingga kegiatan Farmer's Fun Day 2023 yang diselenggarakan di lapangan Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (5/9/2023) memberikan contoh kerja sama antar instansi pusat, daerah, masyarakat pelaku pertanian, dan Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4S)," ujarnya.

Sebagai kabupaten penghasil produksi padi terbesar ketiga Se-Jatim, dan sekaligus lumbung penyangga pangan nasional, Farmer's Fun Day 2023 ini juga menjadi momentum peningkatan kapasitas petani melalui Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaaan Swadaya (P4S) Prov. Jatim, dimana Kab. Bojonegoro memiliki potensi pertanian yang luar biasa, jelas Helmi Elisabeth Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Bojonegoro.

Ada 28 stand dari masing-masing Kecamatan memamerkan hasil produksi pertanian maupun teknologi pangan, pula stand pengelola Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4S) dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Jatim.

Lebih lanjut Helmi mengatakan, Program Petani Mandiri yang sudah berjalan saat ini ampuh menjadi solusi andalan petani. "Bukan hanya untuk memberdayakan petani saja, namun juga terakses untuk asuransi usaha tani padi serta asuransi usaha ternak sapi". Hingga tahun 2023 ini peserta asuransi usaha tani padi Kab. Bojonegoro terbesar Se-Jatim," tuturnya.

Sementara itu Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengatakan, Bojonegoro optimis akan naik kelas di luar kelas 3 sekarang. "Luas wilayahnya sudah, sedangkan irigasi pertanian yang kurang. Dengan adanya waduk Gongseng di Kecamatan Temayang yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo diharapkan tahun 2024 sudah bisa beroperasi memasok kebutuhan irigasi pertanian, khususnya di Kec. Temayang, Sugihwaras, Balen, Sumberrejo dan sekitarnya.

Begitu pula di wilayah barat, yang akan disiapkan pembangunan Bendungan Karangnongko yang diproyeksikan bisa mengairi 5 wilayah kecamatan sekaligus yaitu Margomulyo, Ngraho, Tambakrejo, Padangan, dan Ngambon. "Jadi Waduk Gongseng mencakup wilayah tengah, Bendungan Karangnongko wilayah barat, dan Waduk Pejok Wilayah timur yang saat ini baru masuk Detail Engineering Design (DED)," pungkas Bupati. [lis]

Tag : Pertanian, irigasi, appa, pabrik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat