14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meningkat Signifikan, Sebulan 76 Kebakaran Terjadi di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 01 September 2023 13:00

Meningkat Signifikan, Sebulan 76 Kebakaran Terjadi di Bojonegoro

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Angka peristiwa kebakaran di wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan signifikan selama dua bulan terakhir. Bahkan, dalam bulan Agustus 2023 saja terdapat 76 insiden kebakaran di Bojonegoro.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro Ahmad Gunawan mengatakan, berdasarkan data penanganan kebakaran dari bulan Januari hingga saat ini tercatat total ada sebanyak 191 kejadian kebakaran.

"Pada bulan Agustus ini mengalami peningkatan signifikan ada 76 kejadian,” ungkap Gunawan, kemarin Kamis (31/8/2023).

Jumlah itu, lanjut Gunawan, mengalami peningkatan yang signifikan bila dibandingkan kejadian di tahun 2022 yang lalu. Tahun lalu dibulan yang sama berkisar 60 kejadian, sementara di tahun 2023 dari januari hingga Juli saja sudah ada 115 kejadian.

“Kemudian meningkat hingga akhir Agustus total sudah ada 191 kejadian kebakaran,” jelasnya.

Meningkatnya kejadian kebakaran itu, diduga disebabkan karena aktifitas pembakaran sampah oleh masyarakat yang selanjutnya menjalar membakar lahan dan pemukiman warga. Hingga menyebabkan kebakaran di area hutan.

Menurutnya, perilaku aktivitas masyarakat membakar sampah ini menjadi sorotan dari Damkarmat Bojonegoro, karena menjadi sesuatu hal yang melatarbelakangi terjadinya lonjakan cukup signifikan penyebab kebakaran di tahun ini.

"Berdasarkan pengalaman kami menangani kejadian kebakaran di tahun sebelumnya, Hal serupa (membakar sampah) itu minim terjadi. Biasanya ditahun sebelumnya peringkat pertama ke dua penyebab kebakaran itu karena konsleting listrik dan aktivitas di dapur,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau dan mewanti-wanti kepada masyarakat agar tidak membakar sampah. Sebab selain dapat menjadi pemicu kebakaran yang lebih besar, hal itu juga melanggar hukum dan dapat di pidana.

"Saat ini kami tengah meningkatkan sisi sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghentikan kegiatan atau aktivitas membakar sampah,” pungkasnya. [riz/mu]

 

Tag : kebakaran, kebakaran di bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat