16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |  
Sat, 11 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Anna Perankan Maha Ratu Shima di Bojonegoro Night Carnival

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 August 2023 21:00

Bupati Anna Perankan Maha Ratu Shima di Bojonegoro Night Carnival

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di tengah malam bulan purnama, ribuan warga Bojonegoro tampak memadati sekitar Jalan MH. Thamrin, Panglima Sudirman hingga Hayam Wuruk. Untuk menyaksikan mobil hias Bojonegoro Night Carnival.

Bojonegoro Night Carnival tahun ini, merupakan gelaran kedua dan akan mengusung konsep Suryaning Bhumi Yawadwipa.

Suryaning Bhumi Yawadwipa. Yakni, kerajaan-kerajaan yang membuat peradaban di pulau Jawa. Yawadwipa artinya pulau Jawa sedangkan, Suryaning Bhumi menjelaskan bagaimana eksistensi kerajaan-kerajaan zaman dahulu pernah membangun peradaban. Ibarat matahari menyinari bumi.

"Termasuk di dalamnya wilayah Kabupaten Bojonegoro, dimulai dari era Kalingga, Mataram Kuno, Mataram Islam. Hingga era Kerajaan Majapahit dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat," tegas Bupati Anna.

Di gelaran ikonis Bojonegoro Night Carnival ini, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menampilkan teaterikal Ratu Shima, Ratu Shima atau dikenal sebagai Ratu Keadilan merupakan salah satu penguasa dari Kerajaan Kalingga.

Semasa kepemimpinannya Kerajaan Kalingga berhasil meraih masa kejayaan. Hal tersebut disebabkan karena Ratu Shima menerapkan prinsip keadilan dalam pemerintahannya.

"Ratu Shima adalah seorang pemimpin di Kerajaan kalingga yang ayu dan berwibawa. Beliau dikenal sebagai Ratu yang sangat tegas, adil dan bijaksana," ungkap Bupati Anna.

Kerajaan Kalingga berhasil mencapai puncak kejayaan semasa kepemimpinan dari Ratu Shima yang merupakan putri dari Prabu Wasugeni.

Ratu Shima resmi menjadi Ratu di Kerajaan Kalingga pada tahun 674 M dengan menggantikan Prabu Kirathasingha yang merupakan suaminya karena meninggal dunia.

Ratu Shima juga memiliki seorang putri bernama Parwati yang kemudian menikah dengan putra mahkota Kerajaan Galuh bernama Mandiminyak.

"Melalui pernikahan tersebut Ratu Shima memperoleh seorang cucu bernama Sannaha. Setelah dewasa Sannaha menikah dengan raja ketiga Kerajaan Galuh bernama Bratasenawa dan melahirkan seorang anak bernama Sanjaya.

Pada akhirnya, setelah Ratu Shima meninggal, Sanjaya diangkat untuk menggantikannya dan memerintah wilayah Kalingga Utara.

"Kelak wilayah ini menjadi cikal bakal Bumi Mataram, sehingga keturunannya dikenal dengan Dinasti atau Wangsa Sanjaya penguasa di Mataram Kuno," imbuhnya.

Usai penampilan teaterikal Ratu Shima yang diperankan oleh Bupati Anna, kemudian dilanjutkan iringan mobil hias Kerajaan-Kerajaan di Jawa mulai Mataram Kuno, Majapahit hingga Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Yang di dalamnya di perankan oleh Pejabat Daerah hingga BUMD. [liz/ito]

Tag : Bojonegoro Night Carnival, bupati, bojonegoro, Ratu Shima



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat