14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Belum Semua Catin Mendapatkan Insentif Nikah, ini Penjelasan DP3AKB Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 24 August 2023 08:00

Belum Semua Catin Mendapatkan Insentif Nikah, ini Penjelasan DP3AKB Bojonegoro

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Program insentif calon pengantin (Catin) dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menjadi perbincangan beberapa kalangan. Lantaran, pemohon atau catin harus terdata di Data Mandiri Kemiskinan Daerah (Damisda), sehingga sejumlah Catin di Bojonegoro tak dapat program insentif tersebut.

Dalam Perbup No.19 tahun 2023, persyaratan pengajuan sasaran program insentif catin merupakan penduduk Bojonegoro yang dibuktikan dengan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) paling singkat telah tercatat 6 bulan, mempelai pria berusia minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun, untuk mempelai wanita berusia minimal 19 tahun dan maksimal 30 tahun, serta perkawinan tersebut merupakan perkawinan pertama.

Selain itu, syarat lainnya, yakni pengajuan selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak perkawinan dilaksanakan

Salah satu warga Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Yunita (26) mengungkapkan, dirinya telah mengajukan sejak 15 hari usai pernikahan berlangsung pada (3/7/2023) lalu.

Namun, catin yang menikah dengan Zaenal Abidin (24), warga RT/RW 13/03 Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro itu, dinyatakan tak bisa mendapatkan program tersebut. Di aplikasi cakap nikah Ia mendapat pemberitahuan : Mohon Maaf Permohonan And belum bisa dilanjutkan. Prioritas Program pada masyarakat miskin.

“Dari informasi yang saya dapatkan tidak ada syarat harus masuk Damisda,” ungkap Yunita, kemarin (22/8/2023).

Sementara itu, salah satu warga Desa Sarirejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Karis mengaku, berkas yang telah diajukan olehnya dikembalikan, dengan alasan KTP miliknya masih berstatus pelajar, sehingga tidak bisa mendapatkan itu.

“Berkas saya dikembalikan, padahal semua berkas sudah lengkap. Alasannya KTP saya masih berstatus pelajar,” kata Karis.

Dia menambahkan, diberi waktu selama satu bulan untuk memperbaiki KTP tersebut. Namun, bagaimana lagi, dirinya harus bekerja jauh di luar kota dan tak memungkinkan untuk merubah KTP terlebih dahulu.

“Diberi waktu 1 bulan setelah menikah, tapi saya posisi kerja di jauh, ya tidak memungkinkan untuk merubah KTP dan surat pindah tempat terlebih dahulu,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bojonegoro, Heru Sugiarto menjelaskan, memang sementara ini untuk pemohon yang tidak tercatat dalam Damisda belum bisa mendapatkan Program Insentif Catin itu.

“Untuk pemohon yang tidak terdata di Damisda sementara ini memang belum bisa mendapatkan insentif itu,” ungkap Heru dikonfirmasi blokBojonegoro.com melalui sambungan telefon.

Heru menjelaskan, untuk pemohon yang tidak terdata di Damisda masih dalam pengusulan agar dapat menerima manfaat program tersebut. Ia mengaku, memang sementara ini yang diprioritaskan untuk yang terdata di Damisda, agar program tersebut tepat sasaran. [riz/ito]

 

 

 

Tag : Insentif nikah, catin, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat