08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |  
Fri, 10 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Belum Semua Catin Mendapatkan Insentif Nikah, ini Penjelasan DP3AKB Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 24 August 2023 08:00

Belum Semua Catin Mendapatkan Insentif Nikah, ini Penjelasan DP3AKB Bojonegoro

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Program insentif calon pengantin (Catin) dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menjadi perbincangan beberapa kalangan. Lantaran, pemohon atau catin harus terdata di Data Mandiri Kemiskinan Daerah (Damisda), sehingga sejumlah Catin di Bojonegoro tak dapat program insentif tersebut.

Dalam Perbup No.19 tahun 2023, persyaratan pengajuan sasaran program insentif catin merupakan penduduk Bojonegoro yang dibuktikan dengan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) paling singkat telah tercatat 6 bulan, mempelai pria berusia minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun, untuk mempelai wanita berusia minimal 19 tahun dan maksimal 30 tahun, serta perkawinan tersebut merupakan perkawinan pertama.

Selain itu, syarat lainnya, yakni pengajuan selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak perkawinan dilaksanakan

Salah satu warga Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Yunita (26) mengungkapkan, dirinya telah mengajukan sejak 15 hari usai pernikahan berlangsung pada (3/7/2023) lalu.

Namun, catin yang menikah dengan Zaenal Abidin (24), warga RT/RW 13/03 Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro itu, dinyatakan tak bisa mendapatkan program tersebut. Di aplikasi cakap nikah Ia mendapat pemberitahuan : Mohon Maaf Permohonan And belum bisa dilanjutkan. Prioritas Program pada masyarakat miskin.

“Dari informasi yang saya dapatkan tidak ada syarat harus masuk Damisda,” ungkap Yunita, kemarin (22/8/2023).

Sementara itu, salah satu warga Desa Sarirejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Karis mengaku, berkas yang telah diajukan olehnya dikembalikan, dengan alasan KTP miliknya masih berstatus pelajar, sehingga tidak bisa mendapatkan itu.

“Berkas saya dikembalikan, padahal semua berkas sudah lengkap. Alasannya KTP saya masih berstatus pelajar,” kata Karis.

Dia menambahkan, diberi waktu selama satu bulan untuk memperbaiki KTP tersebut. Namun, bagaimana lagi, dirinya harus bekerja jauh di luar kota dan tak memungkinkan untuk merubah KTP terlebih dahulu.

“Diberi waktu 1 bulan setelah menikah, tapi saya posisi kerja di jauh, ya tidak memungkinkan untuk merubah KTP dan surat pindah tempat terlebih dahulu,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bojonegoro, Heru Sugiarto menjelaskan, memang sementara ini untuk pemohon yang tidak tercatat dalam Damisda belum bisa mendapatkan Program Insentif Catin itu.

“Untuk pemohon yang tidak terdata di Damisda sementara ini memang belum bisa mendapatkan insentif itu,” ungkap Heru dikonfirmasi blokBojonegoro.com melalui sambungan telefon.

Heru menjelaskan, untuk pemohon yang tidak terdata di Damisda masih dalam pengusulan agar dapat menerima manfaat program tersebut. Ia mengaku, memang sementara ini yang diprioritaskan untuk yang terdata di Damisda, agar program tersebut tepat sasaran. [riz/ito]

 

 

 

Tag : Insentif nikah, catin, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat