21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengulas Perjuangan Dakwah Ponpes Al Karimi dalam Mendidik Warga Lebih Berakhlak

blokbojonegoro.com | Thursday, 24 August 2023 13:00

Mengulas Perjuangan Dakwah Ponpes Al Karimi dalam Mendidik Warga Lebih Berakhlak

KH Abdul Muhshi Sabiq saat menerima produk kesehatan plossa dari perwakilan Enesis Group.

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Perjuangan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Karimi Desa Tebuwung, Kecamatan Dukun, Gresik, mengubah perilaku masyarakat di tengah pengawasan para penjajah bukanlah perkara yang mudah. Berkat perjuangan dan keikhlasan dalam berdakwah, Ponpes yang didirikan KH Abdul Karimi tahun 1864 ini justru berhasil menjadikan masyarakat yang berakhlak.

Pengasuh Ponpes Al Karimi Gresik, KH Abdul Muhshi Sabiq mengatakan, dulu banyak kiai yang diminta oleh kepala desa sini untuk memberikan pendidikan agama agar perilaku masyarakat berubah.

"Kala itu kepala desanya Pak Utsman,” kata KH Abdul Muhshi Sabiq, usai menerima produk plossa untuk santri dari Enesis Group bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kamis (24/8/2023).

Gus Muhshi sapaan akrabnya menambahkan, di saat itu KH Abdul Karimi tokoh pendiri ponpes Al Karimi hijrah dari Kecamatan Sedayu ke Desa Tebuwung Dukun Gresik.

“Alhamdulillah, Kiai Karimi mampu mengubah perilaku masyarakat di sini menjadi lebih baik,” tuturnya.

Namun keberhasilan Kiai Karimi dalam berdakwah di tahun 1862, kata Gus Muhshi, tetap mendapat pengawasan dari pihak Belanda. Hal itu tidak menyurutkan niat Kiai Karimi untuk melanjutkan dakwahnya. Bahkan di tahun 1864, Kiai Karimi memutuskan menetap di Desa Tebuwung dan mendirikan pondok di hutan Bendo Desa Tebuwung secara sederhana.

“Dulu dikenal Pondok Bendo,” ungkapnya.

Latif dari Enesis Group berpose bersama santri usai memberikan edukasi penggunaan plossa.


Seiring perjalanan waktu, kata Gus Muhshi, bangunan Ponpes Al Karimi semakin besar dan jumlah santri semakin banyak. Mereka tidak hanya berasal dari daerah di Jawa Timur, tapi juga luar Jawa. “Sistem pendidikan yang kita terapkan ada tiga metode. Yakni, metode hafalan kitab, nyasak kitab kuning dan sorogan,” jelas Gus Muhshi.

Pada tahun 1949, terang Gus Muhshi, Pesantren ini baru mendirikan lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kemudian menyusul pada tahun 1968, berdiri lembaga pendidikan lanjutan yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan selang beberapa tahun kemudian (1970) Pesantren Al-Karimi mendirikan pendidikan jenjang prasekolah.

Beratnya perjuangan perkembangan Ponpes Al Karimi menyita perhatian Enesis Group. Bersamaan dengan HUT RI ke-78, Enesis Group memutuskan menyalurkan program  Corporate Social Responsibility (CSR) ke ponpes tersebut berupa produk kesehatan aroma therapy plossa.

Brand Activation Executive Enesis Group Jawa Timur, Latif Hendra Sukmana menyampaikan bahwa program CSR yang diberikan, sebagai bentuk kepedulian Enesis Group terhadap ponpes yang memiliki historis perjuangan di masa lampau.

"Sebelumnya kita juga telah menyalurkan program CSR ke Ponpes Siwalan Panji yang berdiri tahun 1787,” terang Latif Hendra Sukmana.

Ia menjelaskan, support yang diberikan kepada pesantren ini bagian dari apresiasi perjuangan kiai-kiai sepuh dalam mensyiarkan agama di Nusantara.

“Bersamaan HUT RI ke-78. Alhamdulillah kita bisa support produk kesehatan plossa,” terang Latief usai menyerahkan produk plossa sebanyak 500 pcs kepada Gus Muhshi didampingi pengurus Yayasan Ponpes Al Karimi Gus Ahmad Mushfi Salam Sabiq.

Keberadaan produk ini, kata Latif, diharapkan dapat melindungi kesehatan masyarakat terutama para santri, selama beraktivitas di pesantren maupun di luar pesantren. Dengan cuaca ekstrem seperti saat ini, masyarakat cukup rentan terkena penyakit, seperti demam, flu, sakit kepala, sesak, maupun yang lainnya.

“Plossa juga dapat digunakan sebagai alat relaksasi tubuh dan pikiran, terutama yang sering stres, kurang tidur, pegal-pegal, sakit kepala, atau yang butuh kerokan. Plossa juga mengandung aroma therapy. Perubahan musim seperti saat ini, kehadiran Plossa cukup penting. Plossa dengan aroma therapy-nya bisa mencegah masyarakat terkena penyakit,” pungkasnya. [ito]

 

SEGAR : Sejumlah santri mendapatkan produk plossa yang segar dan menyehatkan.

Tag : Ponpes Al Karimi, Tebuwung, Dukun, Gresik, Jatim, Plossa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat