09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |   21:00 . PEPC Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi   |   15:00 . 592 Calon Anggota PPK untuk Pilkada Bojonegoro 2024 Jalani Tes CAT   |   13:00 . BPBD Bojonegoro Hentikan Pencarian Mahasiswa yang Diduga Tenggelam   |   08:00 . bloKembang, Rekomendasi Karangan Bunga Bojonegoro Tuban   |   07:00 . Gempa Magnitudo 4.3 di Timur Laut Tuban, Dirasakan di Bawean   |   16:00 . Halal Bihalal MGMP PAI SMA Kabupaten Bojonegoro, Dirangkai Penyerahan Hadiah Juara Got Talent   |  
Thu, 09 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siaga Merah, Perhutani Tetapkan Bojonegoro-Tuban Darurat Kebakaran Hutan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 August 2023 10:00

Siaga Merah, Perhutani Tetapkan Bojonegoro-Tuban Darurat Kebakaran Hutan

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mengintai wilayah Bojonegoro dan Tuban. Dengan itu, Perum Perhutani KPH Bojonegoro dan Parengan Tuban tetapkan status Karhutla di dua wilayah itu menjadi siaga merah atau darurat kebakaran hutan.

Peringatan itu, disebar ke sejumlah wilayah hutan dan di depan Kantor Perhutani KPH Bojonegoro. Dalam papan tersebut, tampak jarum menunjukkan di balok merah dengan status tanggap darurat kebakaran hutan.

Administratur KPH Bojonegoro, Irawan Darmanto mengatakan, musim kemarau ini banyak daun jati di hutan yang kering dan rontok, sehingga potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi, maka statusnya ditetapkan sebagai darurat itu.

Irawan mengaku, pada kemarau tahun ini, 100 hektare lebih hutan yang berada di wilayah KPH Bojonegoro terbakar, sehingga mengantisipasi hal tersebut berulang-ulang, pihaknya meminta seluruh elemen untuk waspada, agar tidak memperparah kejadian ini.

“Jangan membakar kemudian ditinggal, atau agar tidak meluas. Meskipun hutan jati tidak akan mati saat ada kebakaran, tapi akan merusak ekosistem hutan,” ungkap Irawan.

Pihaknya menjelaskan, kebakaran tersebut jarang sekali disebabkan tanpa ada kesengajaan, seperti membakar sampah kemudian merambat, dan membakar bekas tanaman, ataupun sengaja iseng membakar.

“Kita mengidentifikasi sangat kesulitan penyebabnya apa. Tapi kalau di pinggir kawasan atau sanggeman, dari bekas pertanian dibakar,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Wakil Administrator KPH Parengan, Choirul Huda. Pihaknya menjelaskan, status tanggap darurat ini diukur dari berbagai aspek, seperti jumlah hari hujna, curah huhan, kondisi tumbuhan dalam keadaan hijau, layu, atau kering.

“Status tanggap darurat ini, karena kondisi lapisan tanah bawah sangat kering. Kekeringan mulai mencapai kondisi ekstrim,” ungkap Choirul Huda, Senin (28/8/2023).

Choirul menambahkan, KPH Parengan memiliki lahan seluas 17.633,3 hektare hutan, sedangkan hingga saat ini terdapat seluas 5 hektare lebih yang terbakar sepanjang kemarau ini. Daerah rawan kebakaran berada di sebelah utara, terletak di RPH Ngawun.

Pihaknya menjelaskan bahwa, penyebab kebakaran tersebut kebanyakan terjadi lantaran ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang sengaja membuat aktivitas pembakaran, namun tidak mengetahui dampak dari pembakaran kecil tersebut bisa meluas.

“Sebagian besar ulah orang yang sengaja, karena tidak tahu dampak dari bakar-bakar kecil bisa membesar dan merambat lebih luas,” pungkasnya. [riz/mu]

 

Tag : Kebakaran hutan, hutan bojonegoro, kemarau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat