08:00 . Desa Trate Dinamai Demikian Berkat Keberlimpahan Bunga Terate   |   19:00 . Pasti Cair, Cara Buat Koin Shopee Jadi Saldo Dompet Digital   |   18:00 . Air dari Sendang Sampang Dipercaya Membawa Berkah   |   12:00 . Duhh.....!!! Baru Nikah 50 Pasangan Muda Cerai   |   06:00 . Doa Bersama hingga Tarian Semua Usia, Semarakkan Bersih Dusun di Kedungadem   |   21:00 . Proses Evakuasi Memakan Waktu Cukup Lama   |   20:00 . Diduga Mengemudi Berkecepatan Tinggi, Pemuda Ini Meregang Nyawa Usai Hantam Pohon   |   18:00 . Akibat Bakar Sampah, 6 Kios Pasar di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   17:00 . Baru, Kampus Ungu Buat Gerakan Indonesia Melayani   |   13:00 . Banyak Teror Minta Transfer, Camat Kasiman Beri Imbauan   |   11:00 . Adriyanto Resmi Jabat Pj Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Khidmat, Peringatan Maulid Nabi di SMKN Sekar   |   09:00 . Sujiwo Tejo Potong Tumpeng Ultah 1 Tahun Kajian Sor Greng   |   08:00 . BPKAD Buka Lelang Aset Kendaraan Dinas Milik Pemkab Bojonegoro   |   07:00 . PJ Bupati Bojonegoro dan Pengadilan Agama Bersinergi Cegah Perkara Perceraian   |  
Sun, 01 October 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Kini Miliki Kebun Budidaya Anggur Impor, Jambu dan Perikanan

blokbojonegoro.com | Sunday, 27 August 2023 13:00

Bojonegoro Kini Miliki Kebun Budidaya Anggur Impor, Jambu dan Perikanan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro memang dikenal dengan wilayah yang mayoritas bersuhu tinggi alias cuaca panas. Justru hal inilah yang menantang bagi Achmad Abdianto, pelaku ekonomi kreatif di bidang perikanan dan holtikultura sekaligus anggota Polri. 

Abdi sapaan karibnya, menceritakan awal mulanya menekuni budidaya ikan lele dan jambu. Namun karena terjangan Covid-19 kala itu, membuat peminat jambu kristal menjadi sepi meski sudah banyak dipublikasikan. 

Lalu, ia mendapatkan saran dari Adib Nurdiyanto selaku Ketua Creative Economy Comunity Bojonegoro. Menurutnya, branding jambu cenderung melekat kepada agrowisata di tempat lain yang sudah terkenal sebelum Mina Agro Tlogorejo. Seharusnya memunculkan ikon tanaman baru yang belum pernah dikemas dalam wisata edukasi di Bojonegoro. 

"Waktu berlalu, saya mulai mempelajari anggur dari komunitas petani anggur Bojonegoro. Proses dijalani dengan usaha yang tekun, sehingga MAT saat ini menyuguhkan edukasi budidaya dan olahan anggur kepada para pengunjung," ungkap Abdi. 

Setelah proses yang dilalui cukup panjang, Abdi berhasil melakukan launching kebun edukasi anggur impor, jambu & perikanan di MAT, Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. 

"Harapannya kebun edukasi anggur impor, jambu dan perikanan MAT Bojonegoro bisa berkembang pesat dan menjadi pusat pembelajaran di luar kelas bagi pelajar, masyarakat umum yang mau belajar budidaya anggur impor, jambu dan perikanan," ujarnya. 

Manfaatnya setelah datang pengunjung bisa juga belajar dan mendapatkan ilmu serta wawasan baru yang bermanfaat untuk dirinya maupun orang di sekitarnya. 

"Harapannya kebun edukasi anggur ini diyakini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya. 

Terpisah, Kasi Tanaman Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Lely Purnamawanti menambahkan bahwa potensi MAT bisa berkembang, tidak hanya menjadi kebun edukasi melainkan juga menjadi P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya).

"Selanjutnya MAT akan terus konsisten dengan paket edukasi tanaman anggur dengan sasaran utama pelajar dan mahasiswa," bebernya. [liz/lis]

 

Tag : Edukasi, anggur, jambu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat