22:00 . Laka Karambol di Jalur Bojonegoro-Cepu, Satu Pelajar Meregang Nyawa   |   19:00 . Berjumpa Langsung dengan Para Wartawan, PJ Bupati Bojonegoro Sampaikan 3 Rencana Kerja   |   18:00 . Fokus Perbaikan Kesehatan Warga, Pemkab Bojonegoro Bangun 700 Sanitasi Limbah   |   15:00 . Pohon Besar Roboh Akibat Kebakaran, Sumur Bandung Desa Buntalan Sulit Dijangkau Warga   |   13:00 . Musim Kemarau, Tapi Kok Turun Hujan Ini Penjelasan BMKG Stasiun Meteorologi Tuban   |   19:00 . Disdag Kerjasama dengan Bulog Penuhi Ketersediaan Komoditi Beras   |   18:00 . Panen Perdana Padi Organik Desa Rahayu Jadi Pilot Project Pertamina EP Field Sukowati   |   16:00 . Dituding Bawa Pulang Aset Pemkab, Ini Kata Mas Wawan   |   15:00 . PMII Bojonegoro Kawal Tiga Terdakwa Pendemo Tambang   |   14:00 . PEPC dan Ademos Tanam 1.000 Pohon dan Edukasi Penyiraman Hemat Air Lewat Infused Water   |   13:00 . PEPC Gelar Germas Tanggap Api Edukasi Bahaya Kebakaran   |   07:00 . Cerita Desa Trate Diambil dari Nama Bunga   |   20:00 . Tak Perlu Repot Bawa Dompet, Bisa Bayar Tagihan Hingga Pulsa Lewat BRImo   |   19:00 . Belasan Tahun Warga Kayulemah ini Buka Lapak Buah Semangka, Harganya Murah   |   18:00 . Desa Sugihwaras dari Pelarian Senopati Kerajaan Mataram, Temukan Wanita Sakit Kusta   |  
Wed, 04 October 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Budidaya Cacing ala Budihardjo; Tidak Butuh Tempak Banyak Hasilnya Menggiurkan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 August 2023 16:00

Budidaya Cacing ala Budihardjo; Tidak  Butuh Tempak Banyak Hasilnya Menggiurkan

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Sebagian orang menganggap cacing menjijikan, namun bagi Budihardjo warga Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, hewan ini sangat berharga karena mendatangkan rupiah.

Di belakang rumah terlihat bangunan tua milik Budiahardjo, diletakan puluhan kotak berukuran sekitar 1x2 meter yang sudah diisi tanah dan sisa jamur. Di dalam kotak itu berisi ratusan bahkan ribuan cacing. Budihardjo harus berani membuang rasa jijik terhadap cacing tanah.

"Yang saya ternak cacing ini jenis fostor, karena mudah hidup," ujar pria 67 tahun itu sembari memperlihat bentuk cacing yang dibudidayakan.

Pertama dia mulai ternak 3 tahun yang lalu, sembari mencari mitra bisnis yang akan membeli cacing miliknya.
Dia menyebut, ternak cacing sangat mudah dan tidak ada perawatan khusus. Bahkan makanan cacing sangat mudah dicari dengan harga yang murah. Yaitu ampas tahu

"Budidaya cacing sangat mudah karena tidak butuh perawatan khusus dan makanan cacing sangat mudah akan tetapi manfaatnya sangat banyak sekali," ungkap Pak Budihardjo.

Harga perkilo basah cacing kurang lebih Rp80.000 Sedangkan kalau diolah menjadi tepung sekitar harga Rp250.000 itu standar akan tetapi setelah dimasukan laboratorium pengolahan bisa lebih tergantung kualitas cacingnya.

"Selain jual cacing basah juga tidak kalah menggiurkan cacing yang sudah dioleh dalam bentuk tepung karena harganya hampir 2 kali lipat daripada dijual mentahan atau basah," ujarnya sambil tersenyum saat diwawancarai media blokBojonegoro.com

Jumlah pembudidaya cacing di sini kurang lebih sekitar 15 orang kebetulan saya koordinatornya kemudian bermitra juga sesama pembudidaya dikecamatan lain di Kabupaten Bojonegoro.

"Budihardjo sebagai kordinator budidaya cacing di Kecamatan Balen yang berjumlah 15 orang," tuturnya sambil menunjukkan alat pengolahan cacing tanah miliknya. [sah/ito]

Tag : cacing, mayangkawis, balen, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat