15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Tembakau Sumringah Dapat Bantuan Hibah Pupuk Fertila

blokbojonegoro.com | Monday, 21 August 2023 12:00

Petani Tembakau Sumringah Dapat Bantuan Hibah Pupuk Fertila

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sumringah begitu yang tergambar di wajah para petani tembakau Bojonegoro yang mendapatkan bantuan hibah pupuk fertila dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Terlebih saat ini, sebagian petani sudah mulai memanen tembakau dengan hasil bagus dengan harga jual tinggi.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu Kelompok Tani (Poktan) asal Desa Tulungrejo, Kecamatan Sumberrejo, Imam menegaskan bahwa kelompoknya mendapatkan bantuan benih tembakau dan juga hibah pupuk fertila dari Pemkab Bojonegoro. Kini hasil panennya nampak memuaskan dan sesuai harapan. 

"Berkat bantuan benih dan hibah pupuk, hasil tembakau jadi lebih bagus. Terlebih harganya jualnya juga tinggi, dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ucap Imam. 

Saat ini harga tembakau di wilayahnya mencapai Rp 45 ribu per kilogram, dan untuk tembakau hasil petikan pertama Rp 42 ribu per kilogram. Menurut dia, ini merupakan harga terbaik dalam tiga tahun terakhir.

"Bantuan benih tembakau jenis virginia dari Pemkab ini juga hasilnya luar biasa bagus. Bahkan para petani meminta saya mbedeng (melakukan pembibitan) tembakau jenis yang sama lagi tahun depan," jelasnya.

Senada juga disampaikan Wijayanto, Kelompok Tani asal Desa Sumberoto, Kecamatan Kepohbaru, menurutnya poktan mendapatkan bantuan pupuk fertila dengan luasan lahan 22 hektar, dari 80 hektar total luasan lahan tanaman tembakau untuk gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Sumberoto.

"Bantuan pupuk fertila yang kita dapat saat ini membuat hasil panennya memuaskan, bahkan saat ini pembeli berebut untuk mendapatkan tembakau rajagan petani," beber Wijayanto.

Lebih lanjut, ia menjelaskan rata-rata di Desa Sumberoto untuk petikan pertama, seharga Rp 42 ribu per kilogram. Bahkan harga ini lebih mahal dari tahun lalu yang harga tertinggi tembakau hanya kisaran Rp 27 ribu. 

"Disini berebut untuk mendapatkan tembakau rajang. Ada juga tengkulak yang memberi uang DP kepada para petani sebelum tembakaunya kering siap setor," ulasnya. [liz/mu]

 

Tag : Petani, tembakau bojonegoro, petani tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat