19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dukung Pemerintah Ciptakan Masyarakat Mandiri Berdikari, PEPC Perkuat Ekonomi Produktif Kader Posyandu

blokbojonegoro.com | Monday, 07 August 2023 10:00

Dukung Pemerintah Ciptakan Masyarakat Mandiri Berdikari, PEPC Perkuat Ekonomi Produktif Kader Posyandu

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sebagai komitmen perusahaan mendukung pemerintah dalam menciptakan masyarakat mandiri berdikari, sekaligus mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan no. 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Zona 12 Subholding Upstream Pertamina memperkuat kegiatan ekonomi produktif kader Posyandu.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah peningkatan kapasitas kelompok menghadapi era disrupsi berupa pelatihan produksi olahan makanan sehat dan pemasaran dengan tajuk "Pos Gizi Mandiri" bagi warga sekitar yang dilaksanakan di Desa Dolokgede, Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur pada Selasa (1/8/2023).
 
Pos Gizi Mandiri merupakan bagian dari Program Posyandu Tangguh Mandiri untuk peningkatan gizi masyarakat rentan, dimana program ini  telah menghasilkan peningkatan status 15 Posyandu, peningkatan kapasitas 76 kader posyandu, munculnya 15 unit usaha ekonomi produktif berbasis kader posyandu, serta pendampingan pertumbuhan & perkembangan tidak kurang dari 650 balita.

Produk ekonomi produktif yang diproduksi berupa olahan kue kering, aneka olahan daun bayam, aneka keripik pisang, ketela, singkong dan olahan hasil pertanian lain.

Sr. Manager Relations PEPC Regional Indonesia Timur Fitri Erika menjelaskan pelatihan literasi digital bertujuan untuk membekali para ibu-ibu sehingga mereka bisa melakukan aktivitas ekonomi di marketplace. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan usaha ekonomi produktif berbasis kader  Posyandu, sehingga dapat menopang kemandirian Posyandu.

"Di era sekarang semua menjadi tanpa batas, sehingga produk dari Bojonegoro ini dapat dibeli oleh pelanggan di luar Bojonegoro secara online. Kemampuan tersebut yang kita pacu agar tercipta peluang-peluang baru untuk memajukan usahanya. Dengan demikian para kader Posyandu juga semakin produktif, dan adaptif menghadapi perubahan pola pemasaran saat ini," pesannya.

Kegiatan ini diikuti oleh para kader Posyandu dari beberapa desa yang berada di sekitar wilayah operasi. Indra, salah satu ibu muda dari Desa Pelem, Purwosari mengaku senang dirinya dan kelompoknya mendapat kesempatan mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pemasaran digital ini. Indra yang sebelumnya bekerja merantau di luar kota kini merasa mantap untuk menekuni usahanya dari desa karena kesempatan dan peluang sekarang terbuka lebar melalui pemasaran digital.

"Terima kasih PEPC telah memberikan kesempatan untuk menambah ilmu. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini produk kita bisa dijual di luar desa," ungkap ibu 28 tahun itu.

Melalui program pengembangan masyarakat (PPM) yang telah mendapatkan persetujuan dari SKK Migas sebagai regulator industri hulu migas, PEPC JTB berusaha mendorong peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar wilayah operasi.

Pelatihan Pos Gizi Mandiri ini adalah kelanjutan dari program Posyandu Mandiri yang masih dalam kerangka besar program Sehat Anak dan Ibu Tercinta (Sehati). Dari program ini setiap Posyandu dilakukan pendampingan dalam membuat unit usaha untuk mendukung terpenuhinya gizi anak dan ibu hamil.

Tag : pepc, pertamina ep cepu zona 12 subholding upstream, program, posyandu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat