18:00 . Nasdem Bojonegoro Buka Penjaringan Bacabup Pilkada 2024   |   17:00 . 40 Panwascam Pemilu di Bojonegoro Kembali Melenggang di Pilkada 2024   |   16:00 . Dorong Lansia Makin Sehat dan Aktif Pemkab Bojonegoro Launching ILP   |   15:00 . Asyik, Menikmati Secangkir Kopi dari Vespa Tua di Pinggir Sawah   |   19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |  
Sat, 04 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebutuhan Telur di Bojonegoro Capai 7.995 Ton, Bisnis Ternak Ayam Petelur Menggiurkan

blokbojonegoro.com | Thursday, 13 July 2023 07:00

Kebutuhan Telur di Bojonegoro Capai 7.995 Ton, Bisnis Ternak Ayam Petelur Menggiurkan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Potensi keuntungan dari usaha peternakan ayam petelur masih menggiurkan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Bojonegoro. Terlebih saat ini harga telur masih tinggi dan permintaan pasar terus meningkat. 

Pemerintah Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro melihat bisnis ternak ayam petelur sebagai potensi peningkatan ekonomi desa. Sebab kebutuhan telur Bojonegoro mencapai 7.995 ton per tahun.

Hal ini merujuk pada analisa bisnis yang dibuat oleh LSM Ademos. Mitra pendamping PPM EMCL memberikan gambaran potensi keuntungan yang bisa dikembangkan oleh BUMDES Sukoharjo. 

"Kami yakin BUMDES memiliki kapasitas dalam mengembangkan potensi ini, demi peningkatan ekonomi desa," tegas Kepala Desa Sukoharjo, Sulistyawan. 

Terlebih, pengembangan usaha ternak ini didukung penuh oleh operator lapangan minyak Kedung Keris, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang beroperasi di desa tersebut. Melalui PPM, EMCL yang bermitra dengan LSM Ademos akan mendukung BUMDES Sukoharjo untuk membangun usaha ternak ayam petelur.

"LSM Ademos juga akan mendampingi pengelolaan usaha, evaluasi bisnis dan membuka akses pasar," ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Ademos, A. Shodiqurrosyad menambahkan, bahwa pihaknya melakukan sosialisasi dan bermusyawarah dengan seluruh unsur masyarakat desa agar konsepnya matang. Serta programnya transparan dan dilakukan oleh masyarakat untuk kepentingan masyarakat.

Senada, Perwakilan EMCL, Slamet Rijadi mengungkapkan bahwa EMCL berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat, terutama di wilayah sekitar operasi. Pengembangan ayam petelur merupakan ide usaha yang disampaikan Pemdes Sukoharjo sebagai potensi desa. 

"Tentu mendukung upaya pengembangan ekonomi desa yang berkelanjutan. Termasuk usaha BUMDes yang berbasis potensi," tambah Perwakilan EMCL, Slamet Rijadi.

Menurut Slamet, PPM yang telah setujui SKK Migas ini merupakan hasil musyawarah dan koordinasi dengan Pemerintah mulai dari tingkat Desa hingga Kabupaten. 

"Kami ingin semua program memberi manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan didukung oleh semua pihak," beber Slamet. [liz/mu]

Tag : Emcl, pendampingan masyarakat, ayam petelor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat