16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |  
Fri, 10 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Agen BRILink di Desa, Bantu Transaksi Masyarakat dan Pelaku Usaha

blokbojonegoro.com | Friday, 23 June 2023 16:00

Agen BRILink di Desa, Bantu Transaksi Masyarakat dan Pelaku Usaha

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Masyarakat mungkin tak asing lagi dengan Agen BRILink. Salah satu perpanjangan tangan perbankan yang dapat melakukan transaksi, baik penarikan tunai hingga penyetoran dan transfer. 

Agen BRILink bahkan kerap ditemui di rumah pribadi, kios kecil, pasar tradisional maupun warung kopi. Dengan memasang spanduk bertuliskan Agen BRILink. 

Sejak kehadiran BRILink, warga maupun pelaku usah tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor cabang BRI untuk melakukan setor maupun penarikan tunai. Bahkan bisa menjadi salah satu solusi mengurai kerumunan di Bank.

Pria yang sehari-hari berjualan di warung kopi dan membuka usaha toko kelontong itu menuturkan awal mulai tertarik bergabung dengan Agen BRILink kala itu di tahun 2016. Ada seorang mantri atau sebutan tenaga pemasar mikro BRI sedang nongkrong sembari menikmati kopi, lalu menawarkan Dirman agar mau bergabung. 

"Awalnya belum terima tawaran dari mantri, sempat terbesit takut penipuan. Bahkan mantri tersebut meyakinkan sampai 4 kali dan akhirnya saya terima tawaran bergabung," ungkap Dirman asal Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

Meski sempat terkendala permodalan ketika di awal bergabung dengan agen BRILink. Melalui mantri BRI Unit Kalitidu, menurutnya mampu memberikan solusi bagi pelakunya usaha berupa pinjaman kredit usaha rakyat (KUR). 

"Karena modalnya sedikit, di awal diberikan pinjaman KUR senilai Rp 25 juta. Dengan berjalannya waktu, ternyata Rp 25 juta kurang mencukupi. Kemudian ditambah lagi Rp60 juta hingga Rp250 juta," ujar Dirman. 

Setelah masalah permodalan selesai, dengan tekad yang kuat, Dirman mulai mempromosikan BRILink lewat sosial media, tetangga hingga pelanggan di warung kopi dan toko kelontong. 

Kini bermodalkan fasilitas berupa mesin EDC, nasabah yang memanfaatkan jasanya kian bertambah. Ia bahkan bisa melakukan pengeluaran hingga Rp 5 miliar dalam satu bulan untuk transaksi pengiriman tunai, penarikan hingga pembayaran cicilan. 

"Sehari bisa melakukan transaksi hingga Rp240 juta. Nasabah mulai dari tengkulak tembakau, pedagang bahkan nasabah bank BRI yang ambil cicilan," ucapnya. 

Rupanya menjadi Agen BRILink hingga mendapatkan permodalan besar dari BRI dan nasabah yang cukup banyak. Tak serta merta usahanya berjalan lurus, ia pun juga pernah menemukan kendala. Termasuk saat melakukan penghitungan nominal dan transaksi pada nasabah. 

"Namanya manusia pasti ada salahnya, terkadang kita kurang teliti. Istilah jawanya kelibet, tahunya belum melakukan transaksi ternyata sudah," beber pria asal Ngringinrejo itu.

Untuk mengantisipasi supaya hal tersebut tidak terulang kembali, ia juga melakukan pembukuan berupa debit dan kredit di buku kas, usai melakukan transaksi. Yakni berupa jurnal transaksi sederhana untuk keuangan agen BRILink. 

"Mulai tanggal, saldo rekening, cash, total, modal dan laba, rekening tujuan, nominal. Data ini bisa menjadi pembanding jika ada kesalahan transaksi," jelasnya. 

Pria asal Ngringinrejo mengaku, akan terus berkomitmen dan bekerjasama dengan BRI. Sebab selama menjadi Agen BRILink tak hanya mendatangkan pundi rupiah bagi ia sendiri, pembagian keuntungan juga jelas dan transparan.

Selain itu juga memudahkan orang untuk urusan perbankan tanpa perlu antri, apalagi di desa untuk perbankan sulit dijangkau dan tidak sebanyak di perkotaan. 

"Tentunya juga menambah penghasilan untuk saya, bahkan sekarang menjadi penghasilan utama selain toko dan warung kopi," imbuhnya. 

Sementara itu, Insiyah salah seorang nasabah BRI yang kerap melakukan transaksi di Agen BRILink mengaku, lebih memilih bertransaksi di agen BRILink terdekat. Sebab selain cepat tanpa harus mengantri, transaksi di agen BRILink prosesnya juga cepat. 

"Memudahkan nasabah tanpa harus mengular antrean, apalagi di desa yang sulit jangkauan akses ke kota. Bisa kirim ke sanak saudara atau ambil kiriman uang, bayar cicilan bulanan sampai layanan lainnya," tambahnya.

Terpisah, Nurhadi Wibowo, Kepala Unit BRI Kalitidu menambahkan, BRILink merupakan perluasan layanan BRI yang mana menjalin kerjasama dengan nasabah, sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online.

Termasuk menggunakan fitur EDC mini ATM BRI dengan konsep sharing fee, peran Agen BRILink sebagai perluasan dari layanan BRI. "Ditujukan untuk agen yg berada di pelosok tanah air. Sehingga dapat menjadi mitra BRI sekaligus melayani transaksi perbankan secara real time," sambung Nurhadi. 

BRI Unit Kalitidu sudah tersebar sekitar 27 untuk agen EDC, BRILink mobile ada 56 dan semuanya aktif. Layanan transaksi keuangan tanpa kantor ini sangat membantu nasabah dan masyarakat tanpa harus ke bank. 

"Dengan mendekatkan Agen BRILink di pedesaan. Juga diharapkan transaksi keuangan masyarakat bisa lebih mudah dan tanpa harus mengantri, semoga bermanfaat dan memberi makna," ulasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : BRI, brilink, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat