20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   19:00 . Inilah 8 Caleg DPRD Bojonegoro yang Diprediksi Bakal Melenggang dari Dapil VI   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Beranjak Naik

blokbojonegoro.com | Thursday, 08 June 2023 15:00

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Beranjak Naik Kondisi Pasar Hewan di Kecamatan Balen (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Menjelang Hari Raya Iduladha atau Kurban 2023. Harga sapi di Kabupaten Bojonegoro mulai merangkak naik kisaran Rp1 hingga Rp2 Juta, sehingga harga sapi tersebut tembus Rp20 juta per ekor. Diluar hal tersebut, transaksi jual beli sapi juga semakin ramai.

Nampak, di pasar hewan yang berada di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, beberapa pedagang dan pembeli baik dari Bojonegoro maupun dari luar daerah saling bertransaksi jual beli sapi. Sementara, lonjakan harga tertinggi berlaku pada sapi jantan kualitas kurban.

Kenaikan harga sapi kurban ini disebabkan oleh biaya transportasi dan perawatan yang tinggi. Selain itu, keterbatasan stok sapi dan tingginya permintaan dari konsumen juga mempengaruhi kenaikan harga sapi kurban.

Meski begitu, sapi asal Bojonegoro banyak diminati pedagang hewan kurban luar kota, karena memiliki kualitas cukup baik. Biasanya perburuan dilakukan jauh hari sebelum idul adha, untuk mendapat harga lebih murah. Sehingga sapi dapat dijual kembali untuk mendapat keuntungan.

Salah satu Pedagang Sapi asal Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Nursam mengungkapkan, harga pasaran sapi menjelang hari raya kurban ini berkisar Rp18 hingga Rp20 Juta. Namun, pembelian juga masih ramai, tak hanya dari Bojonegoro, bahkan pembeli juga terdapat dari Magelang, Wonosobo dan Pekalongan.

“Meski naik, permintaan juga lumayan banyak. Tadi saya bawa 9 ekor, 6 ekor diantaranya sudah terjual, dan ini masih tersisa 3 ekor,” ungkap Nursam, Kamis (8/6/2023).

Sementara itu, Misbah salah satu pengunjung Pasar Sapi menjelaskan, dirinya merasakan kenaikan harga sapi pada saat menjelang kurban ini. Kenaikan harga bervariasi, antara Rp1 juta hingga Rp2 Juta, tergantung ukuran dan jenis.

“Ini mau beli buat kurban, tapi belum ada yang cocok. Selain itu, harga juga sudah mulai naik menjelang kurban ini,” pungkasnya. [riz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Harga, sapi, idul adha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat