12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Bank Sampah Mandiri Keluarga Harapan Gunakan Metode Maggot Urai Sampah Organik

blokbojonegoro.com | Monday, 15 May 2023 13:00

Bank Sampah Mandiri Keluarga Harapan Gunakan Metode Maggot Urai Sampah Organik

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Budidaya maggot atau larva lalat tentara hitam (black soldier fly/BSF) bisa menjadi salah satu solusi atas persoalan tumpukan sampah organik.

Upaya ini telah dilakukan oleh Bank Sampah Mandiri Keluarga Harapan yang berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngadem, Kabupaten Bojonegoro sejak tahun 2017. Namun launching kandang maggot sudah dimulai di tahun 2022 yang diberi nama Maggot Centre Bojonegoro.

Untuk menghasilkan 1 kilogram maggot tentunya dibutuhkan sebanyak 3 kilogram pakan yang berasal dari sampah organik. Sampah di dapat dari sisa dapur rumah tangga, akiran ayam tiren, buah hingga sampah pasar. Konsep ini juga dilakukan untuk meminimalisir keberadaan limbah sampah yang menumpuk. 

"Modal awal untuk memulai usaha ini sangat terjangkau, pembudidaya hanya membeli telur lalat BSF dan membuat media penetasan sekaligus pengembangbiakan dari limbah kayu. Maggot ini budidaya yang cukup kondisional. Bisa di ember, rak bahkan bak penampungan. Asal diberi makan tiap hari," ungkap Ketua BSMKH, Ujang Surya Abdillah. 

Pemeliharaan maggot rupanya tidak rumit, setelah 10 hari telur akan menetas dan menjadi larva. Sampah yang sudah dikumpulkan, lalu dipilah dan dimasukkan ke dalam ember tertutup. Sehingga tidak menimbulkan bau menyengat, setelah itu difermentasi mulai dua-tiga hari. 

"Kemudian diberikan untuk pakan maggot, budidaya maggot tidak hanya memberi dampak positif dari sisi ekonomi. Tetapi juga mampu mengubah perilaku masyarakat terhadap sampah," tuturnya. 

Selain itu, usaha di bidang pakan alternatif ini dimulai sebagai solusi dari mahalnya harga pakan yang diperlukan untuk peternakan lele dan bebek. Bahkan maggot sendiri juga memiliki nilai kandungan yang cukup tinggi, protein sebesar 60 persen. 

"Sementara ini maggot diaplikasikan untuk pakan ternak seperti bebek, lele maupun ayam," imbuh pria asal Ngasem. 

Tak serta merta budidaya maggot yang telah dilakoni ini berjalan dengan mulus, bahkan sempat mengalami jatuh bangun saat mengembangkan budidaya maggot. Mulai dari pakan maggot hingga menawarkan warga sekitar untuk bergabung pengelolaan limbah sampah. 

Ada cerita unik yang terlintas ketika tim dari bank sampah mandiri keluarga harapan (BSMKH) tersebut keliling di warung makan, dan menawarkan pengelolaan limbah makanan secara gratis. Rupanya masih ada warga yang kurang berkenan, sebab masih minim mengenai edukasi dan literatur akan budidaya maggot. 

"Maggot ini gratis bagi warga, karena memang menawarkan pengelolaan limbah sampah untuk warga. Nantinya juga diolah lagi jadi pakan ternak, kita memang berperan aktif untuk masyarakat dan lingkungan," bebernya. 

Agar budidaya maggot ini terus dikenal oleh masyarakat, pihaknya juga turut serta aktif menggunakan media sosial lewat website dan facebook sebagai sarana promosi. Termasuk dengan adanya Maggot Centre Bojonegoro sebagai salah satu lokasi edukasi budidaya maggot. 

"Kita bikin website dan facebook yang memang mudah dijangkau masyarakat, kalau ternyata di Bojonegoro ada lokasi budidaya maggot. Wadah tersebut untuk memperluas dan mengupdate ilmu, ternyata sampah banyak manfaatnya ketika diolah dengan baik," ulasnya. 

Terpisah, Kepala Unit BRI Ngasem, Yanuar Cahyo Edi menambahkan setidaknya di BRI Unit Ngasem ada sekitar 2.076 UMKM ultra kecil, 131 kecil dan 11 menengah. 

"Di Unit Ngasem sendiri untuk UMKM, rata-rata masih perorangan dan kecil atau belum lingkup kluster besar," tambahnya. 

Kluster besar ada di beberapa Kecamatan di Bojonegoro, seperti kluster rajut, kripik di Kecamatan Gayam. Gerabah Malo, belimbing dan jambu kristal Kecamatan Kalitidu. Namun pihak BRI Unit Ngasem akan senantiasa membantu para pelaku UMKM agar terus mengembangkan sayap usahanya. 

"Mulai dari pembinaan hingga pengajuan kredit usaha ringan (KUR). Sementara, untuk BSMKH dari mantri BRI (tenaga pemasar mikro BRI) sudah pernah memberikan bantuan berupa pengadaan alat untuk budidaya maggot," bebernya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Ekonomi, UMKM, BRI



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat