16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |  
Sat, 11 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Superheru Spesialis Makaroni Go Global Berkat Brillianpreneur

blokbojonegoro.com | Monday, 19 June 2023 14:00

Superheru Spesialis Makaroni Go Global Berkat Brillianpreneur

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Go Digital dan Go Global, sebab UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Untuk itu, pemberdayaan terhadap UMKM penting dilakukan. Adapun BRI sebagai agent of development mendorong UMKM Go Digital dan Go Global, dilakukan melalui UMKM expo brilianpreneur. 

Kegiatan pameran industri kreatif terdapat menampilkan karya-karya terbaik UMKM Indonesia. Termasuk salah satunya brand Superheru spesialis makaroni dan camilan asal Malang. 

Di tahun 2014, diawali dari mengikuti sebuah pelatihan kejuruan di Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati, Malang. Pada program pengolahan hasil pertanian selama 40 hari, dari situ bertekat bahwa setelah lulus harus memiliki usaha sendiri. 

Meski sempat terbentur modal usaha, karena posisi saat itu jobless dan keuangan menipis usai resign dari perusahaan otomotif di Malang. Kondisi tersebut rupanya tak membuatnya menyerah.

Setelah mendapatkan pelatihan, ia bersama 10 temannya berinisiatif untuk mendirikan usaha bersama. Dimulai dengan sistem patungan Rp 200 ribuan diawali produksi keripik pisang. 

"Seiring berjalannya waktu usaha gabungan tersebut punya kesibukan masing-masing," tutur Heru Nurwahyudin. 

Setahun kemudian, usaha bersama tersebut tersisa 3 orang. Lalu bersama rekannya membuat keputusan berhenti, artinya secara pribadi harus berani berbisnis sendiri.

Dengan mengandalkan peralatan dapur seadanya dan menggunakan ruang tengah rumah. Seiring berjalannya waktu, usaha yang telah dilakoninya rupanya berjalan dengan pesat. 

"Kalau keripik pisang saja nantinya kurang bervariasi. Pemasukan perlu ditambah beragam varian produk, waktu itu ketemu produk apa saja dijual. Total kurang lebih 64 varian,"ungkap Heru sapaan karibnya. 

Setelah diseleksi rupanya ada saran dari seorang kawan, jangan terlalu banyak varian. Kemudian dari 64 produk tersebut tersisa 1 produk unggulan, maka di tahun 2018 diputuskan penjualan tertinggi yaitu makaroni pedas khas Malang. 

"Saya coba branding produk dengan nama Superheru, super memiliki arti istimewa. Dan heru diambil dari sapaan akrab, tentu ada filosofinya tersendiri," ucap owner Superheru. 

Lanjut pria asli Malang, produk makaroni dan camilan yang sudah rapi dan berjajar cantik dalam kemasan. Ia jual di pasaran seharga Rp10.000 untuk konsumen akhir, selain itu juga memberikan tawaran harga istimewa bagi para reseller. 

"Penjualan dititipkan di toko oleh-oleh sekitar Batu dan Malang, maupun supermarket. Juga mengandalkan online di sosial media (sosmed) berupa instagram, Facebook dan marketplace Shopee maupun PaDi UMKM milik BUMN," imbuhnya. 

Setelah meraih kesuksesan, Heru tidak ingin menikmati sendiri. Karena sadar pentingnya kemampuan berwirausaha, alumnus STIE Kucewara tersebut rutin mengelar berbagai pelatihan. 

Termasuk membuka program entrepreneur bagi ibu-ibu di desa, pelajar, mahasiswa, buruh yang memasuki masa purna kerja di berbagai daerah di Jawa Timur.

"Selain memberikan pelatihan entrepreneur, ia juga membuka peluang berwirausaha bagi semua kalangan. Mulai dari reseller, privat label dan branding produk," tambahnya.

Berkat kerja keras yang dibarengi dengan tekat dan inovasi, brand Superheru Malang pun berhasil mengikuti ajang brilianpreneur yang di inisiasi oleh Bank BRI. 

Bermula di tahun 2018 ketika bergabung di Rumah BUMN BRI Kota Malang, kala itu dari fasilitator menginfokan terkait adanya even UKM brilianpreneur. Karena even ini masuk skala nasional, ia pun tertantang untuk mengikuti. 

"Awalnya peserta diberikan link pendaftaran. Kemudian diberikan pelatihan sekaligus materi kewirausahaan oleh RB BRI Malang, kurang lebih satu bulan sebelum berangkat ke Jakarta," cerita Heru. 

Setelah itu, para peserta juga diwajibkan untuk membuat presentasi singkat melalui power point. Tentang usaha yang dijalani khususnya, di grand final tersebut peserta bersaing dengan ratusan pelaku usaha se-Indonesia. 

"Saat itu saya ingin membuktikan bahwa UKM Kota Malang bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya di Indonesia. Dan tujuan yang utama yaitu bukan menang, tapi brand Superheru ini bisa dikenal masyarakat," ujarnya. 

Usai mengikuti even brilianpreneur, menurutnya banyak manfaat yang di peroleh. Mulai dari jejaring atau relasi dengan sesama pelaku usaha hingga stakeholder di seluruh Indonesia. Hal inilah yang menjadikan brand Superheru melejit hingga dikenal pasar internasional. 

"Salah satunya berupa ekspor produk makaroni dan camilan dalam bentuk kontainer kirim ke Hongkong dan Singapura," imbuhnya. 

Menurutnya, brilianpreneur merupakan kesempatan emas untuk mendalami pangsa pasar internasional. Karena dampak dari kepesertaan pada UMKM brilianpreneur ini dapat mendatangkan lebih banyak manfaat mulai dari calon pembeli, nilai transaksi, dan juga brand image produk yang semakin dikenal di pasar global dan internasional. 

"Selain itu transaksi juga dapat dilakukan di marketplace Tokopedia, Shopee, Blibli, dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan Debit dan Kartu Kredit BRI," ulasnya. 

Terpisah, Fasilitator Rumah BUMN BRI Kota Malang, Mawar Meikui Liangteng, menambahkan total UMKM binaan Rumah BUMN BRI Kota Malang sebanyak 37.415 total UMKM Rumah BUMN. Serta 778 UMKM unggulan, 37.415 GO modern, 2.047 GO digital dan 297 go online.

Lanjut Mawar, sapaan karibnya melalui Rumah BUMN BRI menyatakan terus mewujudkan komitmen memberdayakan UMKM agar naik kelas. Antara lain lewat penyelenggaraan UMKM brilianpreneur. 

"Tujuannya untuk memperkenalkan keunikan dan local value produk UMKM Indonesia. Diharapkan UMKM ini dapat go modern, go digital, go online dan go global," sambung Mawar. 

Brilianpreneur sendiri merupakan tahap akhir program, yakni untuk go global menjangkau ke pasar internasional. "Produk-produk kreatifitas UMKM dari berbagai wilayah Indonesia. Diantaranya melalui serangkaian proses kurasi, administrasi, data, hingga sampel produk," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : BRI, ekonomi, UMKM, program



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat