22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

blokbojonegoro.com | Sunday, 09 July 2023 10:00

7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Kontributor: Aulia Isti Zahrin Nadhifah 

blokBojonegoro.com- Bisnis merupakan sesuatu yang menguntungkan, namun akan ada banyak sekali risiko-risiko serta lika-liku dalam menjalankan roda bisnis agar terus tumbuh dan berkembang. Apalagi untuk pengusaha pemula yang baru merintis bisnisnya. 

Bagi kamu pengusaha pemula merujuk pada buku karya Dewa Eka Prayoga yang berjudul "7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula" ada 7 tips yang harus kamu ketahui agar bisnismu bisa berjalan dan berkembang. Simak 7 tips untuk pengusaha pemula di bawah ini: 

1. Jangan Asal Action

Alangkah baiknya ketika kita mulai action dengan disertai ilmu serta pengetahuan yang cukup sehingga ini akan meminimalisir adanya kegagalan dalam action. Bisnis yang baik tidak hanya bisa dicapai dengan action namun juga perhitungan serta perencanaan yang tepat sehingga dibutuhkan juga pengetahuan tentang manajemen yang baik dalam action.

Dalam buku nya Dewa Eka Prayoga menulis "Jadi pengusaha itu ada ilmunya. Jangan hanya sekedar action, action, dan action. Asal action hanya akan membuatmu gagal"

2. Jangan suka ikut-ikutan 

Menjadi pengusaha bukan hanya sekedar ikut-ikutan atau trend saja harus ada niat yang kuat untuk memasukinya sehingga tak jarang kita melihat ketika sedang trend bisnis sesuatu maka akan ada banyak sekali bisnis-bisnis serupa yang kebanyakan hanya mengikuti trend sehingga pada akhirnya gulung tikar.

Niat yang yakin serta tekad yang kuat merupakan pondasi dasar yang tidak boleh didasarkan pada trend atau ikut-ikutan sehingga penting sekali untuk memperbaiki niat.

3. Jangan Gampang Percaya 

Kepercayaan adalah hal yang mahal harganya dan sangat urgent karena bisnis tidak akan jalan jika tidak ada kepercayaan diantara karyawan maupun ownernya. Namun sebagai manusia biasa tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang juga tidak selalu berjalan dengan lurus maka perlu waspada terhadap siapapun apalagi dengan orang lain atau yang baru kita kenali. Maka perlu adanya antisipasi akan hal ini misal membuat peraturan dan perjanjian sehingga kepercayaan ini bisa terikat dan apabila suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka ada tindak hukum yang sah. 

4. Jangan terburu-buru 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan zaman pun beranjak sangat cepat begitu pula dengan pengambilan keputusan terkait bisnis dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Dalam pengambilan keputusan kita tidak bisa terburu-buru karena akan ada imbas dibelakang jika langkah ini tidak dipikirkan dan dikaji dengan benar.

Begitu pula perkembangan dan inovasi dalam bisnis perlu adanya manajemen dalam setiap langkahnya.

5. Jangan banyak gaya

Gaya hidup tidak akan lepas dari kehidupan sehari - hari terutama pengusaha pemula dimana terkadang ketika baru mendapatkan keuntungan ada beberapa yang pamer dan banyak gaya sehingga uang tidak terkontrol dan termanajemen dengan baik. jangan sampai hal ini membuat bisnis yang sedang berjalan kehabisan modal karena gaya hidup yang tinggi menjadikan uang yang harusnya untuk bisnis tercampur dengan pribadi.

6. Jangan mudah berutang

Jangan sampai bisnis mempunyai hutang yang banyak dengan likuiditas yang tidak memadai hal ini akan menyebabkan ketidakstabilan bisnis. 

7. Jangan buta finansial 

Manajemen keuangan merupakan hal inti dalam berjalannya roda bisnis maka pengusaha pemula tidak boleh buta finansial yang mana nanti dampaknya adalah tidak bisa membaca dan menganalisa arus putar keuangan dan modal untuk bisnis. Hal ini berisiko bangkrut kemudian meninggalkan utang yang banyak. [lis]

Tag : UMKM, pemula, bisnis, usaha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat