21:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

6 Kesalahan dalam Menyusun Studi Kelayakan Bisnis

blokbojonegoro.com | Sunday, 09 July 2023 08:00

6 Kesalahan dalam Menyusun Studi Kelayakan Bisnis

Kontributor: Aulia Isti Zahrin Nadhifah 

blokBojonegoro.com-  Pelaku bisnis biasanya melakukan studi kelayakan bisnis untuk mengkaji berbagai hal terkait investasi dan potensi bisnis kedepan. Harapannya, ketika studi ini dilaksanakan serta diterapkan dengan tepat maka akan memberikan keputusan yang terbaik. 

Sebagaimana dijelaskan dalam buku "Studi Kelayakan Bisnis" karya Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus. dan Drs. Nurdin Hidayat, M.M., M.Si. Dijabarkan di antara 6 kesalahan dalam menyusun studi kelayakan bisnis adalah:

1. Data dan informasi tidak lengkap 

Sebaiknya dalam melakukan studi harus mengumpulkan data yang valid serta informasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan karena nantinya data tersebut dapat mempengaruhi hasil studi dan penilaian.

2. Ketidaktelitian tim studi kelayakan bisnis

Tim yang teliti serta ulet juga sangat berpengaruh dalam studi karena kesalahan juga bisa terjadi jika si peneliti ini lengah ataupun asal-asalan dalam meneliti sehingga hasilnya pun tidak valid.

3. Perhitungan yang salah 

Kegagalan studi juga bisa karena perhitungan yang salah sehingga dapat berdampak merugikan bisnis misal penggunaan rumus atau aplikasi yang salah dalam memajukan data sehingga hasi dari perhitungannya tidak tepat.

4. Pelaksanaan pekerjaan salah

Faktor utama dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis adalah para pelaksana bisnis. Jika pelaksana tidak bekerja sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan atau SOP maka kemungkinan bisnis akan mengalami kegagalan.

5. Kondisi lingkungan 

Faktor lingkungan juga mempengaruhi kegagalan studi karena lingkungan yang tidak dapat kita kontrol sehingga sulit untuk memprediksi kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi baik lingkungan internal maupun eksternal.

6. Faktor kesengajaan

Faktor ini menjadi faktor sangat fatal dalam studi kelayakan bisnis karena peneliti sengaja membuat kesalahan dalam studinya.  Sehingga tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan hal ini adalah perbuatan tercela yang harus dijauhi karena berakibat kegagalan pada suatu bisnis. [rin/lis]

Tag : Bisnis, studi, kelayakan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat