17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul5   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sinergi PEPC & SKK Migas bersama Mitra Tingkatkan IPM di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 18 August 2023 21:00

Sinergi PEPC & SKK Migas bersama Mitra Tingkatkan IPM di Bojonegoro

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 dan SKK Migas Jabanusa kembali bersinergi dengan mitranya untuk berpartisipasi dalam meningkatan kualitas pendidikan warga masyarakat sekitar wilayah operasi. Kegiatan yang bertajuk Program Fasilitasi Warga Belajar ini ditandai dengan masa orientasi pengenalan lingkungan sekolah bagi pendidikan kesetaraan masyarakat digelar di Balai Desa Bandungrejo, Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/8/2023).

Jumlah total warga peserta program belajar kesetaraan pendidikan atau kejar paket A, B dan C se-kecamatan Ngasem pada tahun ini adalah sebanyak 408 siswa, tidak kurang 35 warga masyarakat dari berbagai kalangan usia di desa Bandungrejo mengikuti program pendidikan kesetaraan yang difasilitasi oleh PEPC dengan bekerja sama dengan mitra program yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wana Bhakti Ngasem di tahun ajaran 2023/2024 ini.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada kesempatan ini dibuka oleh Analis senior Pokja Pengembangan Masyarakat SKK Migas Jabanusa Rudi Hartono. Dalam kesempatan tersebut Rudi mengapresiasi upaya yang dilakukan PEPC Zona 12 bersama mitranya yang telah menghasilkan program yang cakap bagi masyarakat. Menurutnya SKK Migas sebagai Badan Pengawas sektor industri hulu migas akan selalu mendukung setiap upaya yang bisa memberikan manfaat yang keberlanjutan di bidang pembangunan sumber daya manusia.

Dari program ini, peserta warga belajar mendapatkan kesempatan menjalani proses belajar mengajar selayaknya sekolah pada umumnya dan setara dengan sekolah umum. "Terima kasih teman-teman PEPC yang sudah menginisiasi program ini. Semoga dengan program ini dapat membantu meningkatkan derajat pendidikan warga menjadi lebih baik," urainya.

Sr. Manager Relations PEPC Regional Indonesia Timur Fitri Erika menekankan pentingnya pembekalan ilmu, karena selain bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari-hari juga bisa menjadi modal di masa depan nanti. Karena jika tidak memiliki pendidikan dasar, tentu daya saing dalam berkompetisi akan lebih kecil peluangnya dengan yang berpendidikan lebih tinggi. "Kami berharap anak-anak kita dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik dari kita. Untuk itu kami akan suport sepenuhnya. Semoga program ini dapat meningkatkan taraf pendidikan masyarakat serta meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menghasilkan banyak kebaikan bagi  masyarakat," paparnya.

Camat Ngasem Iwan Sopian mengapresiasi upaya SKK Migas dan PEPC juga PKBM Wana Bhakti sebagai mitra pelaksana program. Program ini tentunya dapat berkontribusi dalam meningkatkan rata-rata lama sekolah warga Bojonegoro. "Terima kasih semuanya atas partisipasinya membantu mencerdaskan masyarakat. Semoga melalui program nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bojonegoro dapat meningkat," ungkapnya.

Data tahun 2022 yang lalu, nilai IPM Bojonegoro adalah 70,12 persen. Dengan angka tersebut, Bojonegoro termasuk dalam enam kabupaten peraih IPM tertinggi dari total 38 kabupaten kota se-Jawa Timur. Capaian ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendidikan. Dalam mengupayakan hal ini Pemkab Bojonegoro menggandeng berbagai pihak agar peningkatan kualitas pendidikan dapat tercapai.  

Para peserta kegiatan peningkatan pendidikan melalui  program kejar paket A, B dan C  yang diprakarsai oleh PEPC ini juga akan mendapatkan ijazah yang dapat dipergunakan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sehari sebelum program ini dilaksanakan, PEPC dan SKK Migas Jabanusa juga melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program pengembangan masyarakat (PPM) yang ada di sekitar lokasi proyek.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pemberian alat tulis kantor secara simbolis untuk dipergunakan sebagai penunjang aktivitas belajar mengajar. Semoga program peningkatan pendidikan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi PEPC di Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru dapat berguna dan memberikan efek berganda bagi kelancaran serta menjadi pendukung dalam mensukseskan kegiatan di industri hulu migas di Bojonegoro.

Tag : PEPC, pertamina ep zona 12, skk migas, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat