22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BUMDes Mart Gayam Diharapkan Jadi Etalase Produk Masyarakat

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 August 2023 13:00

BUMDes Mart Gayam Diharapkan Jadi Etalase Produk Masyarakat

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat Desa/Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro diselenggarakan musyawarah pelaksanaan pembangunan BUMDes Mart Desa Gayam. Kegiatan diilanjutkan dengan prosesi simbolis peletakan batu pertama pembangunan BUMDes Mart Desa Gayam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Gayam Palupi Hadi Ratih Dewanti, SE.MM., Kapolsek Gayam AKP Bambang Ady Tenggani, S.H., Danposramil Gayam Peltu Totok Lasminto, Kepala Desa Gayam Winto, PGA ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) Ali Mahmud, Sekretaris Ademos A Shodiqurrosyad, jajaran Perangkat Desa Gayam, BPD, Tim Pelaksana Pembangunan BUMDes Mart dan perwakilan tokoh masyarakat. 

Sekretaris Ademos, A. Shodiqurrosyad mengatakan, BUMDes Mart Gayam dibangun untuk menunjang upaya Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mengembangkan ekonomi masyarakat.

"Dengan adanya BUMDes Mart, Desa Gayam akan memiliki sarana untuk memasarkan produk buatan masyarakat. Bahkan lebih dari itu, BUMDes Mart akan menjadi mesin penggerak pertumbuhan (engine of growth) ekonomi masyarakat Desa Gayam dan sekitarnya," ujarnya.

Sementara itu, Camat Gayam, Palupi Hadi Ratih Dewanti, berharap BUMDes Mart Desa Gayam ke depan dapat menjadi ruang promosi bagi produk UMKM Desa Gayam dan sekitarnya.

"Harapannya pembangunan BUMDes Mart ini memasarkan produk masyarakat Desa Gayam. Kalau bisa desa-desa yang lain malah lebih baik," sambung Palupi. 

Palupi menambahkan, BUMDes Mart juga harus mampu bersinergi dengan pasar rakyat. Jangan sampai, adanya BUMDes Mart justru mematikan pasar rakyat yang sudah ada. "Sinergi yang ada mampu saling memberikan kebermanfaatan pada masyarakat,” tambah Camat Gayam.

Senada, Public Government Affair (PGA) EMCL, Ali Mahmud mengungkapkan bahwa besar harapan bersama agar program pembangunan BUMDes Mart ini, mampu menjadi media peningkatan ekonomi masyarakat dan berkontribusi terhadap meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa) Gayam.

"Pembangunan BUMDes Mart ini merupakan salah satu bentuk program pengembangan masyarakat yang lakukan EMCL di Desa Gayam," ucap Ali Mahmud. 

Pihaknya berharap, BUMDes Mart akan menjadi wadah produk UMKM Desa Gayam yang dan karena akan menjadi unit usaha baru BUMDesa maka 2-3 tahun. 

"Dan kami ingin mendengar cerita bahwa BUMDesa Gayam mampu berkontribusi terhadap peningkatan PADesa dari profit," harap Public Government Affair (PGA) EMCL. 

Terpisah, Kepala Desa Gayam, Winto menuturkan PPM EMCL ini sangat membantu Pemerintah Desa Gayam dalam mengembangkan potensi desa dan bahkan menyelesaikan persoalan yang ada di Desa Gayam.

Memang benar APBDesa Gayam cukup besar namun berbanding lurus dengan yang harus dikerjakan di Desa Gayam, artinya kebutuhan di lapangan lebih besar dari pada anggaran yang tersedia.

"Dengan adanya program ini Pemdes Gayam sangat membantu desa untuk mengembangkan potensi ekonomi dan BUMDesa. Serta menjadi solusi atas aset desa yang strategis namun hingga sekarang tidak produktif," beber Winto. [liz/lis]

 

Tag : Bumdes, ademos



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat