23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menulislah! Agar Orang Lain Terinspirasi dan Termotivasi

blokbojonegoro.com | Friday, 22 September 2023 13:00

Menulislah! Agar Orang Lain Terinspirasi dan Termotivasi

Oleh: Slamet Widodo, S.Pd.*

blokbojonegoro.com - Dalam kurun waktu dua Minggu, akhir Agustus sampai awal September 2023, setidaknya ada tujuh artikel yang saya tulis. Kemudian saya kirim ke redaksi blokbojonegoro.com.

Alhamdulillah, biidznillah, semuanya diterima redaktur dan dimuat di laman website media online yang beralamat di Jalan KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kelurahan Mojokampung Kota Bojonegoro ini.

Dari ketujuh artikel tersebut, enam artikel berisi liputan kegiatan dan satu artikel mengulas tentang profil seseorang.

Tujuan utama saya menulis artikel berita adalah untuk membantu mempublikasikan kegiatan yang berlangsung pada lembaga (Pendidikan, pemerintahan dan/atau swasta) yang namanya saya tulis.

Begitu pun dengan artikel profil seseorang, tujuannya untuk membantu mempublikasikan prestasi yang diraih orang tersebut. Agar diketahui publik. Istilah kerennya, biar viral. Selain itu, juga sebagai syiar dalam kebaikan. Dan juga untuk mengimbangi postingan-postingan bernilai negatif yang viral di media sosial.

Setiap kali artikel saya dimuat di laman website blokbojonegoro.com, saya meng-copy link-nya kemudian saya posting di story Whatsapp, Facebook dan media sosial lainnya.

Dari postingan tersebut, banyak teman dan siswa saya yang mengirim pesan secara pribadi. Mereka bertanya dan meminta petunjuk cara mengirim artikel ke redaksi blokbojonegoro.com. Mereka mengatakan terinspirasi dan termotivasi ingin menulis artikel juga.

Tentu dengan senang hati saya membimbing dan membantu mereka sampai artikelnya dipublish di media online terfavorit bagi netizen, khususnya di wilayah Bojonegoro, Lamongan dan Tuban ini.

Alhasil, artikel yang mereka kirim ke redaksi, berhasil dipublish. Tentu mereka sangat senang dan bersyukur. Hal itu menjadi pengalaman yang sangat berharga. Juga menjadi motivasi bagi mereka untuk terus menulis. Bahkan ada salah satu teman saya yang artikelnya dipublikasikan mengatakan “Luar biasa senang, Pak. Pengen mencoba lagi,” kesannya.

Sependek pengetahuan saya, blokbojonegoro.com ini, juga menjadi media favorit bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Hal itu dibuktikan dengan adanya rubrik blokBojonegoro Goes to School (BBGTS), dan Netizen Journalism/suara pembaca. Kedua rubrik tersebut, menurut saya, sangat ramah dengan netizen. Tentu masih banyak rubrik yang juga menjadi favorit bagi para politisi.

Semua capaian (menulis artikel) yang saya dapat ini, tak lepas dari bimbingan, arahan dan motivasi dari Mbak Rahayu Lestari Putri, pegawai Baznas Bojonegoro dan juga Pak Parto Sasmito, Redaktur blokbojonegoro.com. Terutama Pak Parto, begitu biasa saya memanggil Pak Parto Sasmito, beliau selalu memberi kesempatan berkarya untuk saya dan selalu memotivasi. Pesan dari Pak Parto yang masih saya ingat: “Yang penting konsisten menulis," ujarnya memotivasi.

Meski saya belum berjumpa secara Kopdar, saya merasakan kedekatan dengan Pak Parto. Selama ini, saya komunikasi hanya melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

Ternyata, ada banyak manfaat menulis secara rutin.

Pertama, kepuasan. Salah satu yang saya pribadi rasakan adalah senang, bahagia dan bangga. Satu lagi puas.

Kedua, bikin kecanduan. Setelah melihat artikel yang kita tulis dipublikasikan di media, maka kita akan merasa ingin terus dan terus mencoba menulis.

Ketiga, bikin orang lain kepincut. Ini fakta dan nyata. Orang lain yang melihat dan membaca artikel kita nangkring di media online, akan kepincut dan kepo.

Ketiga point manfaat menulis tersebut, menurut pengalaman saya pribadi.

Nah, satu lagi manfaat menulis menurut ahli.  

Keempat, melatih berpikir tertib dan teratur. Ketika kita membuat tulisan khususnya tulisan ilmiah atau untuk dipublikasikan, maka kita dituntut untuk membuat tulisan yang sistematis sehingga pembaca bisa mengerti apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan (Abbas, 2020 : 8-10).

Tentunya masih ada banyak manfaat menulis secara rutin. Tentu, masing-masing orang memiliki kesan dan manfaat tersendiri dalam melakukan rutin menulis.

Mau tahu? Cobalah! Anda pasti bisa!

*) Guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro

Tag : Menulis, inspiratif, konsisten



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat