17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |   21:00 . PEPC Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi   |   15:00 . 592 Calon Anggota PPK untuk Pilkada Bojonegoro 2024 Jalani Tes CAT   |   13:00 . BPBD Bojonegoro Hentikan Pencarian Mahasiswa yang Diduga Tenggelam   |   08:00 . bloKembang, Rekomendasi Karangan Bunga Bojonegoro Tuban   |   07:00 . Gempa Magnitudo 4.3 di Timur Laut Tuban, Dirasakan di Bawean   |   16:00 . Halal Bihalal MGMP PAI SMA Kabupaten Bojonegoro, Dirangkai Penyerahan Hadiah Juara Got Talent   |   15:00 . Sehari Dua Kecelakaan Maut Terjadi di Bojonegoro, Lima Nyawa Melayang   |  
Thu, 09 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid

blokbojonegoro.com | Wednesday, 27 September 2023 16:00

Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid Wamenag RI saat menandatangani prasasti Gedung Imam Zarkasyi (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia (RI) H. Saiful Rahmat Dasuki melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Bojonegoro. Salah satu tujuannya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Rosyid untuk silaturahmi dan meresmikan Gedung Imam Zarkasyi, Selasa (26/9/2023).

Kedatangan rombongan Petinggi Kementerian Agama yang didampingi jajaran Forkopimda Bojonegoro disambut Pengasuh Ponpes Al-Rosyid, KH. Alamul Huda Masyhur. Selain itu, juga tampak beberapa penampilan tari hingga aksi dari ratusan santri untuk menyambut pejabat dengan nomor kendaraan RI 105 itu.

Kemudian, Wamenag RI ini menuju ke Gedung Imam Zarkasyi, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Rosyid untuk melakukan seremonial pemotongan pita, sebagai tanda diresmikannya gedung tersebut.

Dalam sambutannya, Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, Ponpes dan santri merupakan aset yang potensial bagi bangsa Indonesia di masa depan. Oleh sebab itu saat ini Kementrian Agama tengah merancang sebuah sistem yang akan mengakomodir pondok pesantren di seluruh Indonesia.

"Pak Menteri Agama saat ini Gus Yaqut Cholil Qoumas, kita ingin membuat Dirjen Pondok Pesantren, karena selama ini Pondok Pesantren di bawah Dirjen Pendis artinya masih menjadi Sub di Dirjen Pendis. Kedepan kita ingin meninggalkan sebuah kebijakan bahwa pondok pesantren akan di naungi satu Kedirjenan," ujar Gus Saiful.

Dibentuknya Dirjen Pondok Pesantren itu, lanjut Gus Saiful, akan fokus meningkatkan kualitas pendidikan serta infrastruktur di podok pesantren. Hal tersebut, merupakan upaya pemerintah dalam memajukan Ponpes dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Ketika pondok pesantren di bawah suatu naungan Kedirjenan sendiri, maka Dirjen tersebut akan mengelola anggarannya sendiri secara utuh, sehingga harapannya Ponpes-ponpes di seluruh Indonesia dapat tersentuh pembangunan,” sambung Wamenag yang juga Wakil Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor itu.

Gus Saiful menyebut bahwa, santri merupakan aset bagi bangsa ini yang akan berjaya di masa depan. Ia juga mengulas sejarah perjuangan para santri dalam resolusi jihad yang di cetuskan oleh Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy'ari dalam upaya merebut kemerdekaan.

"Tepat tanggal 22 Oktober mendatang akan kita peringati Hari Santri Nasional, ini merupakan wujud nyata penghargaan Negara bagi para santri yang telah ikut berjuang meraih kemerdekaan, " tambahnya.

Diakhir Gus Saiful berpesan ada 7 progam prioritas Kementrian Agama yakni Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University.

"Dari tujuh progam prioritas Kementerian Agama salah satunya yakni penguatan moderasi beragama, tadi saya lihat di gerbang Pesantren ada Pancasila, di tengah-tengah kita hadir pemuka lintas agama. Harmoni inilah yang harus terus kita jaga, kerukunan dan toleransi antar umat beragama, persatuan ini adalah modal untuk kejayaan bangsa Indonesia," tutupnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan terima kasih atas sambutan ramah seluruh warga pesantren. Ia menekankan kerukunan umat beragama di Bojonegoro harus terus dirawat dan dipertahankan.

"Ke depan kita pastikan tidak ada anak-anak di Bojonegoro yang tidak sekolah semua harus sekolah, baik di pondok pesantren maupun di lembaga lainnya, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan perbaikan fasilitas pendidikan, baik di Pondok Pesantren maupun lembaga pendidikan lainnya," kata dia.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al Rosyid KH Alamul Huda menyampaikan kehadiran Wamenag ini adalah untuk bersilaturahmi sekaligus meresmikan bangunan gedung madrasah ibtidaiyah.

"Kedatangan Wakil Menteri Agama dan Pj Bupati Bojonegoro seperti bintang jatuh di Pondok Al Rosyid ini, tentu kami berharap hadirnya beliau ini dapat menjadi inspirasi bagi para santri untuk giat dalam belajar dan mendatangkan keberkahan," pungkasnya. [riz/lis]

 

 

 

 

Tag : Wamenag, kunjungan, ponpes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat