23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC Gelar Germas Tanggap Api Edukasi Bahaya Kebakaran

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 October 2023 13:00

PEPC Gelar Germas Tanggap Api Edukasi Bahaya Kebakaran

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Jambaran Tiung Biru mempersiapkan masyarakat di sekitar wilayah operasi mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan dengan menggelar program Gerakan Masyarakat Tanggap Api (Gemati). Forum diskusi sekaligus sosialisasi terkait bahaya api ini dilaksanakan di lahan Perhutani Petak 37 di samping Gate 1 komplek Gas Processing Facility (GPF) Desa Bandungrejo, Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (29/9/2023).

Program Gemati ini sekaligus menjadi forum diskusi dan sosialisasi terkait keamanan dan kewaspadaan terhadap potensi bahaya kebakaran lahan dan hutan di sekitar wilayah operasi migas. Selain itu, kegiatan ini sekaligus dalam rangka menindaklanjuti aktivitas pembakaran lahan dan semak belukar oleh warga atau petani penggarap lahan hutan yang sempat terjadi di sekitar fasilitas JTB.

Hadir dalam kegiatan tersebut, JTB Site Office & PGA Manager PEPC Zona 12 Edy Purnomo menyampaikan tujuan sosialisasi dan rembug warga Gemati bagi para petani penggarap lahan hutan untuk mendapatkan penyuluhan dari Perhutani sebagai penanggung jawab lahan hutan. Edy mengajak semua pihak untuk menyadari pentingnya memiliki kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran lahan dan hutan. "Mari kita sama-sama menjaga lahan dan hutan kita dari ancaman bahaya kebakaran. Apalagi saat ini masih dalam musim kemarau," urainya. 

Sementara itu, Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Clangap Lugiyanto menghambau kepada seluruh kelompok tani hutan untuk saling menjaga lahan dari bahaya kebakaran, terlebih pada lahan yang berdekatan dengan fasilitas produksi migas seperti JTB. "Bapak dan Ibu sekalian, mari sama-sama kita menjaga lahan kita dari bahaya kebakaran yang mudah menjalar, apalagi berdekatan dengan fasilitas migas, kita perlu untuk saling menjaga potensi bahaya dari adanya kobaran Api," pesannya.

Diikuti oleh puluhan warga dan petani penggarap hutan, kegiatan ini berjalan secara kondusif. Beberapa warga juga berkesempatan menyampaikan pertanyaan terkait dengan lingkungan migas. PEPC selain menghadirkan perwakilan dari fungsi Operations yang memberikan penjelasan secara utuh tentang proses produksi yang ada di JTB, fungsi HSSE pun hadir memaparkan aspek-aspek keselamatan yang diterapkan di Lapangan JTB. Materi ini paparkan dengan sederhana sehingga mudah dimengerti oleh berbagai kalangan yang hadir.

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran para petani penggarap lahan hutan tentang pentingnya bersama-sama menjaga keamanan dan keselamatan JTB sebagai salah satu PSN kebanggaan dan Obyek Vital Nasional. Disampaikan juga bahwa dalam menjalankan aktifitasnya, AKHLAK sebagai nilai utama perusahaan menjadi panduan bagi para pekerja PEPC JTB. Perusahaan juga menjamin, dalam operasinya PEPC menerapkan standar keselamatan yang tinggi sehingga semua potensi terjadinya bahaya sudah diantisipasi secara rinci dan terorganisir. [lis]

Tag : PEPC, kebakaran, hutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat