22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panas Extreme, Kekeringan Meluas hingga 68 Desa di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 09 October 2023 12:00

Panas Extreme, Kekeringan Meluas hingga 68 Desa di Bojonegoro Sejumlah warga mengantre untuk mendapatkan air bersih dari BPBD Bojonegoro (Foto : Istimewa)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro menjadi wilayah dengan suhu terekstreme di Jawa Timur. Hal tersebut, membuat kekeringan atau krisis air bersih meluas hingga 68 desa di Kabupaten Bojonegoro.

Jumlah tersebut, berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, per tanggal 8 Oktober 2023 kemarin.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bojonegoro, Ardhian Orianto mengungkapkan, kemarau yang terjadi di Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro) semakin meluas hingga 68 desa di Kabupaten Bojonegoro.

“68 desa di 19 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro (mengalami kekeringan),” ungkap Ardhian dalam keterangan tertulis, Senin (9/10/2023).

Ardhian menambahkan, selama musim kemarau pihaknya telah mendistribusikan air bersih kepada puluhan desa yang mengalami kekeringan itu, untuk kebutuhan mandi, mencuci dan lain-lain. Hingga saat ini, sudah sebanyak 5,7 juta liter yang telah disalurkan. Sebanyak 3,3 juta liter air yang telah didistribusikan ke masyarakat.

“Kami telah mendistribusikan sebanyak 1.429 tangki air bersih, dengan kapasitas 4000 liter tiap tangkinya, dengan total 5.716.000 liter,” tegasnya.

Kemarau tahun ini, lanjut Ardhian, lebih banyak desa yang terdampak dibandingkan pada kemarau tahun lalu. Hal itu, dibuktikan lantaran banyaknya permintaan air selama musim kemarau 2023 ini berlangsung, bahkan hampir setiap hari pihaknya melakukan drooping air bersih.

“Betul (lebih banyak tahun ini dibandingkan tahun lalu),” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) puncak musim kemarau 2023 terjadi pada Juli hingga Agustus. Sedangkan berdasarkan prediksi terbaru, awal musim hujan akan terjadi pada bulan November mendatang. [riz/lis]

Berikut daftar desa di Bojonegoro yang mengalami kekeringan :

1. Kec. Margomulyo

- Desa Meduri

2. Kec. Ngraho

- Desa Sugihwaras, Nganti, Luwihaji

3. Kec. Tambakrejo

- Desa Malingmati, Jatimulyo, Pengkol, Gading, Kalisumber, Ngrancang, dan Desa Gamongan.

4. Kec. Ngasem

- Desa Butoh, Sambong, Bareng, Jelu, Kolong, Dukohkidul, Tengger, dan Desa Bandungrejo

5. Kec. Bubulan

- Desa Clebung dan Desa Sumberbendo

6. Kec. Sukosewu

- Desa Sumberjokidul, Pacing, dan Desa Sidorejo

7. Kec. Sugihwaras

- Desa Siwalan, Bareng, Panunggalan, Alasgung, Drenges, Jatitengah, dan Desa Kedungdowo

8. Kec. Sumberrejo

- Desa Karangdinoyo, Kayulemah, Sumberharjo, Tlogohaji, Tulungrejo, Margoagung, Wotan, Deru, Butoh, Teleng, dan Desa Banjarjo.

9. Kec. Ngambon

- Desa Nglampin dan Desa Sengon

10. Kec. Kedungadem

- Desa Jamberejo, Duwel, Dayukidul, Kendung, Pejok, dan Desa Megale

11. Kec. Malo

- Desa Petak dan Desa Tambakromo

12. Kec. Kasiman

- Desa Kasiman

13.Kec. Kepohbaru

- SMA 1 Kepohbaru, Kepoh, Mojosari, dan Desa Pejok

14. Kec. Sekar

- SMK 1 Sekar dan Desa Bobol

15. Kec. Purwosari

- Desa Donan dan Desa Ngrejeng

16. Kec. Kanor

- Desa Pilang

17. Kec. Baureno

- Desa Banjaran

18. Kec. Kedewan

- Desa Hargomulyo, Kedewan, dan Desa Wonocolo

19. Kec. Temayang

- Desa Papringan

 

Tag : Kekeringan, warga, air, BPBD



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat