17:00 . 40 Panwascam Pemilu di Bojonegoro Kembali Melenggang di Pilkada 2024   |   15:00 . Asyik, Menikmati Secangkir Kopi dari Vespa Tua di Pinggir Sawah   |   19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |  
Fri, 03 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC dan Ademos Tanam 1.000 Pohon dan Edukasi Penyiraman Hemat Air Lewat Infused Water

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 October 2023 14:00

PEPC dan Ademos Tanam 1.000 Pohon dan Edukasi Penyiraman Hemat Air Lewat Infused Water

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pohon memiliki kemampuan menyimpan karbon yang tinggi, dan bermanfaat dalam pengurangan emisi karbon. Sekaligus dipercaya mampu mengurangi dampak dari perubahan iklim. 

Secara konsisten Pertamina EP Cepu Zona 12 JTB melalui mitranya, Ademos melaksanakan program berbasis lingkungan bernama program pengurangan jejak emisi karbon.

Melalui berbagai proses dan tahapan program yang menyasar tiga sekolah sebagai mitra inovasi. Telah membuat perencanaan penanaman 1000 bibit pohon dari berbagai varietas, dan tadi telah dilaksanakan simbolis penanaman 1000 bibit pohon di SMPN 1 Ngasem.

Praktik lain yang dilakukan bersama para siswa sekolah ditengah isu kekeringan ekstrem, dan krisis air bersih adalah dengan model penanaman hemat air dengan skema pembuatan infused water.

Para siswa menanam bibit asuh mereka sekaligus memanfaatkan botol bekas sebagai sistem irigasi tetes. Sistem ini dilakukan karena media penyiraman akan meneteskan dengan skala kecil namun rutin, sehingga dapat langsung terserap ke dalam akar dan menjaga kelembaban tanah.

"Ikhtiar kami menanam pohon ditengah kekeringan ini adalah memanfaatkan lahan seluas 1 hektare menjadi rintisan hutan sekolah. Juga melakukan skema penyiraman dengan memanfaatkan limbah plastik dari sekolah," tegas Endro selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Ngasem.

Lanjut Endro, hutan sekolah ini nantinya akan menjadi sarana serapan emisi karbon dan ruang belajar siswa tentang lingkungan hidup. "Jadi bisa dimanfaatkan siswa untuk media pembelajaran juga," ujarnya.

Sementara itu, Field Manager JTB Agung Prabowo, mengatakan penanaman pohon merupakan bentuk kontribusi PEPC terhadap dampak perubahan iklim. Sehingga pohon yang ditanam akan menjadi sarana serapan jejak emisi karbon.

Field Manager JTB tersebut juga berharap pohon yang ditanam di sekolah ini juga menjadi sarana belajar siswa sehingga terbentuk karakter yang peduli terhadap lingkungan.

"Kita percaya pohon yang kita tanam ini tentu menjadi warisan, akan berdampak baik pada kita dan generasi ke depan," ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Ademos, A Shodiqurrosyad menambahkan mitigasi perubahan iklim adalah sebuah usaha yang harus dikerjakan bersama-sama oleh berbagai pihak, sebab dampaknya dirasakan oleh semua makhluk hidup

"Semoga aksi penanaman yang kita lakukan hari ini dapat menjaga kelestarian lingkungan, dan mampu menyerap emisi karbon dengan optimal di masa depan," tutup Sekretaris Ademos. [liz/lis]

 

 

Tag : Edukasi, tanam, pohon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat