16:00 . UNUGIRI Jadi Tuan Rumah Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW IV, Rektor Turut Sukseskan Acara   |   13:00 . Pilkada Bojonegoro 2024 Mulai Bergeliat, Ini Enam Sosok yang Dipasarkan   |   22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   17:00 . Kronologi Lengkap Pencurian Motor Milik Pegawai Koperasi di Bojonegoro   |   16:00 . Gudang Beras di Bojonegoro Kebakaran, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

OM Lansia Hibur Pengunjung Taman Thamrin dengan Lagu Nostalgia Hingga Hits

blokbojonegoro.com | Monday, 16 October 2023 06:00

OM Lansia Hibur Pengunjung Taman Thamrin dengan Lagu Nostalgia Hingga Hits Orkes Melayu Lansia menghibur pengunjung Taman Thamrin. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Suasana Minggu (15/10/2023) malam di Taman Thamrin, tampak banyak pengunjung yang sedang santai menikmati suasana taman yang familiar dengan sebutan Maliogoro.

Tampak di barat jalan perempatan pojok SMPN 1 Bojonegoro, para pengunjung menikmati lagu dangdut yang dibawakan kelompok musik dengan identitas Orkes Melayu Lansia. Rata-rata para pemain musik terdiri dari bapak-bapak paruh baya dan lansia. Sedangkan penyanyinya 2 perempuan muda.

Meski para pemain musik sudah berumur, rikues lagu dari para pengunjung mulai lagu lama hingga hits tetap dibawakan dengan energik. Mereka tampil mulai pukul 19.00 hingga pukul 22.00 WIB sesuai dengan rikues pengunjung, maupun mengiringi pengunjung yang ingin bernyanyi langsung.

Koordinator OM Lansia, yang akrab disapa Mbah Dasim kepada blokBojonegoro.com menjelaskan, nama Lansia memang singkatan dari Lanjut Usia, yang beranggotakan musisi-musisi lawas di Bojonegoro.

"Orkes Melayu Lansia mulai aktif dan tampil di Thamrin ini sejak bulan Suro kemarin. Selain kami, di sini ada kelompok lain dengan musik band, keroncong, dan dangdut. Sehingga jadwal tampil di sini selalu bergantian. Kecuali Kamis malam Jumat memang kosong," kata Mbah Dasim saat ditemui usai acara.

Salah satu pengunjung Taman Thamrin tampil bersama OM Lansia. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto)

Inisiatif membentuk kelompok ini, kata Mbah Dasim, berawal dari hobi yang sama yakni di bidang musik. Saat masing-masing pemain musik tidak ada job tanggapan, para musisi lawas yang sarat pengalaman ini berkumpul dan membentuk kelompok musik.

"Bahasanya Orkes Tuwekan (lansia). Mereka mau ketika saya ajak tampil di sini untuk menghibur para pengunjung. Dan kami juga sadar di sini istilahnya wani perih, alias seperti ngamen. Karena tentu tidak ada honor sebesar saat mereka tampil seperti biasanya. Namun semua karena kita mempunyai hobi yang sama pada musik dan bisa menyalurkan di sini," ulas Mbah Dasim.

OM Lansia, beranggotakan 8 pemain musik, dan 2 penyanyi. Di luar kelompok ini, para pemain musik yang berasal dari Kecamatan Kapas, Sugihwaras, Bojonegoro Kota, dan Tuban ini juga sering tampil dengan kelompok lain maupun individu. Namun, dengan OM Lansia mereka juga pernah mendapatkan undangan untuk mengibur warga di beberapa kelurahan dan desa dalam menyemarakkan HUT RI beberapa bulan yang lalu.

"Karena namanya juga Lansia, kami biasa menghibur dengan lagu-lagu dangdut lama. Meskipun demikian, kami juga terus update. Sehingga lagu-lagu hits sekarang juga bisa, seperti lagu-lagu dangdut Jawa maupun campur sari," kata Mbah Dasim, mantan pelawak yang memiliki nama Muin Kamto asal Kelurahan Ngrowo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.


Para pemain musik Orkes Melayu Lansia menghibur pengunjung Taman Thamrin. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto)

Tag : orkes melayu lansia, OM Lansia, Bojonegoro, musik, Taman Thamrin, Maliogoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat