15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |   16:00 . Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Akan Gugat KPU Bojonegoro   |   15:00 . KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal   |   14:00 . TP PKK Sarangan Gelar Pelatihan Racik Ramuan Toga   |   12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |   09:00 . Usung Anna Muawanah Maju Cabup Bojonegoro, PKB Beri Kebebasan Pilih Wakil   |   07:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi   |   20:00 . Gudang Arsip Bank BTPN Bojonegoro Terbakar, Kerugian Capai Rp60 Juta   |   17:00 . Cegah Stunting, Pemdes Kauman Beri Pelatihan Inovasi Dawet Sayuran   |  
Sun, 19 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Kapasitas, EMCL Ajak NGO Mitra Pendamping Program untuk Studi Banding dan Workshop

blokbojonegoro.com | Thursday, 09 November 2023 10:00

Tingkatkan Kapasitas, EMCL Ajak NGO Mitra Pendamping Program untuk Studi Banding dan Workshop

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Salah satu upaya meningkatkan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM), Operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited mengajak Non Government Organization (NGO) mitra Program Pengembangan Masyarakat (PPM) melakukan studi tiru dan lokakarya.

Sebanyak 24 mitra pendamping Program EMCL ini melakukan kunjungan ke Desa Wista Nglanggrenan, dan studi tiru di BRIN Playen.

Sebelum kunjungan, para NGO Mitra Pendamping dari wilayah Kabupaten Bojonegoro, Tuban itu mengikuti lokakarya yang diselenggarakan di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta Rabu-Jumat (8-10/11/2023).

Pelatihan yang diberikan adalah Social Return of Investment (SROI) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPM) yang dipaparkan oleh Social Investment Indonesia.

External Affairs Manager EMCL, Beta Wicaksono menyampaikan tentang pentingnya SROI dan IKM dalam Program Pengembangan Masyarakat untuk mengukur sejauh mana keberhasilan program.

"Ketika orang tanya dengan asumsi apakah program yang telah dilaksanakan itu sukses atau gagal, maka dengan SROI dan IPM dapat menjawab asumsi tersebut dengan data yang sudah terverifikasi dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Beta.

Selain itu, Beta juga mengapresiasi atas dukungan dari NGO, dengan kemitraan yang baik turut mendukung kelancaran kegiatan operasi migas di Lapangan Banyu Urip dan Kedung Keris.

Sementara itu, perwakilan dari NGO, Damar Arizona mengucapkan terimakasih kepada EMCL atas kesempatan untuk meningkatkan kapasitas pendamping program pengembangan masyarakat.

"Kegiatan ini menjadi kesempatan untuk menambah ilmu, mempelajari hal-hal yang baru, juga menjadi ajang untuk silaturahmi antar NGO mitra pendamping program dari EMCL untuk sharing dan saling memberi masukan dari program yang telah kita jalankan," tutur Damar manajer Program Aku Sehat di Pusat Informasi Kesehatan (PIK).

Selama 3 hari, selain mendapatkan pelatihan tentang SROI dan IKM, peserta NGO yang terdiri dari Manajer Program dan Pendamping Lapangan juga melakukan kunjugan di Desa Wista Nglanggrenan, dan studi banding di BRIN Playen. [mu]

 

 

 

Tag : mitra pendamping, studi tiru, emcl, ngo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat