19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |  
Fri, 03 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemred bB Hadir di Mapel Jurnalistik Prodi PAI UNUGIRI Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 December 2023 19:00

Pemred bB Hadir di Mapel Jurnalistik Prodi PAI UNUGIRI Bojonegoro

Oleh: Dara Nur Fadilla*

blokBojonegoro.com - Guna mengetahui bagaimana seluk beluk pengelolaan sebuah media online, pada Mata Kuliah Jurnalistik Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Unugiri mendatangkan pemateri praktisi media di Ruang B 11 Gedung Fakultas Tarbiyah, Sabtu (2/12/2023).

Perkuliahan Jurnalistik bertema “Manajemen Media” yang diperuntukkan untuk semester 7, Kelas D tersebut, menghadirkan Pemimpin Redaksi (Pemred) dari blokBojonegoro.com (bB).

Usman Roin, selaku pengampu Mapel Jurnalistik Prodi PAI Unugiri menyampaikan bila tujuan dihadirkannya praktisi media di kelas agar mahasiswa mengetahui bagaimana sebuah media dikelola (manajemen).

Ia juga menambah, era digital kini bermunculan media-media online. Tumbuh dan menyajikan informasi berseliweran yang bisa kita nikmati dengan mudah dan dekat dari gadget.

“Kita tidak sekadar paham dan mudah mengkonsumsi informasi. Tetapi, juga mengerti bila pekerjaan dalam manajemen keredaksian mempunyai perencanaan peliputan, proses peliputan, hingga pemenuhan target berita,” ungkapnya.

Sementara, Parto Sasmito selaku Pemred blokBojonegoro.com, menyampaikan bila tugas sebagai jurnalis tidak lepas dari mencari data, mengolah data, dan menyajikan dalam bentuk berita. Terkhusus terkait manajemen redaksi, mengacu pada fungsi pengelolaannya meliputi planning, organizing, acting dan controlling.

Lebih lanjut, Parto juga menyampaikan bila di sebuah media itu memiliki keredaksian yakni, tempat mengolah data menjadi berita. "Ruang atau tempat untuk produksi berita dinamakan dapur redaksi.  Di mana seperti di dapur, data yang didapat diolah atau dimasak, kemudian disajikan kepada pembaca," ungkapnya.

Secara teknis, pengaturan keredaksian itu berada di Pemred. Adapun susunan redaksi antar satu media dengan lainnya tidak sama. Rata-rata, hanya formasinya saja yang saling ditukar.

Salah satu mahasiswa 7D, Moch Zacky Amri sangat antusias dan seksama mendengarkan pemaparan dari pemateri. Ia mengaku, wawasan bidang jurnalistiknya selain bertambah juga menjadikan perkuliahan menjadi kaya warna.

“Adanya pemateri dari luar sangat bagus untuk meningkatkan wawasan jurnalistik dan perkuliahan jadi lebih berwarna,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Aminatus Zuhriyah, bila hadirnya praktisi menjadi luar biasa. Selain ekspert juga menjadikannya tertarik masuk di dunia jurnalistik.

“Adanya praktisi yang ahli, kami lebih tertarik masuk di dunia jurnalis,” terangnya.

*Penulis adalah Mahasiswa Prodi PAI 7D UNUGIRI Bojonegoro.

 

 

 

Tag : Unugiri Bojonegoro, Prodi PAI, Manajemen Media, blokBojonegoro.com



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat