Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban

blokbojonegoro.com | Saturday, 24 February 2024 18:00

Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Malam Nisfu Syaban 1445 hijriah diprediksi jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024, setelah waktu magrib atau malam Minggu, 25 Februari 2024, berdasarkan kalender hijriah Kementerian Agama (Kemenag).

Malam Nisfu Syaban, yang merupakan pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 dalam penanggalan Islam, dipercaya sebagai momen yang penuh berkah dan dianggap sebagai malam pengampunan oleh umat Muslim. Beberapa amalan dilaksanakan pada malam ini mulai sholat sunnah, membaca yasin dan amalan-amalan lainnya. 

Sementara itu, kalau perempuan haid? Bagaimana cara untuk menghiduplan malam mulia ini sedangkan untuk shalat dan membaca Alquran terhalang karena dalam keadaan berhadas. 

Sebenarnya, tidak ada amalan khusus saat Nisfu Sya'ban untuk perempuan haid. Namun ada baiknya tetap menghidupkan malam ini dengan beberapa hal:

1. Memperbanyak doa. 

Di antara lafadz doa yang diucapkan adalah:

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَار رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

2. Memperbanyak Dzikir

Salah satu bacaan dzikir yang dapat dibaca, yakni:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

3. Memperbanyak Istighfar

Berikut bacaan istigfar yang dapat dibaca pada Nisfu Syaban:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوْبُإِلَيْهِ

 

 

 

 

Tag : malam, nisyfu sya'ban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.