13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

RUMAH [te]TANGGA: Sebuah Upaya Mendekatkan Seni Teater dengan Masyarakat.

blokbojonegoro.com | Thursday, 15 February 2024 08:00

RUMAH [te]TANGGA: Sebuah Upaya Mendekatkan Seni Teater dengan Masyarakat.

Reporter: Muharrom

blokBojonegoro.com - Teater selalu memiliki cara yang unik untuk berkomunikasi dengan audiansnya. Berawal dari kegelisahan kurangnya minat audians untuk datang menonton pertunjukan teater melandasi kelompok Teater Gabud Bojonegoro untuk menghampiri audians di kampungnya.

Pertunjukan teater akan digelar di depan rumah warga sekitar dengan menggunakan setting rumah asli. Selain itu, Pertunjukan akan menggunakan konsep realis berbahasa lokal dan mengangkat isu-isu lokal. Konsep tersebut dipilih untuk membuat seni teater dan masyarakat terasa dekat sehingga masyarakat mudah mencerna isu-isu yang diangkat oleh Teater Gabud.

Teater Gabud merupakan kelompok teater umum yang bermarkas di Actore, MediaArt kauman, Bojonegoro. Teater Gabud beranggotakan anak-anak muda asal Bojonegoro dan sekitarnya. Tahun ini, Teater Gabud akan memproduksi sebuah pertunjukan teater berjudul Rumah [te]Tangga yang disutradarai oleh DickyMunyokk dan Takim Kok Gito-Gito sebagai asistennya.

Rumah [te]Tangga akan dimainkan oleh aktor-aktor muda asal Bojonegoro dan Tuban, antara lain: Guntur Cidro, Jejep Jevia, Imam Plankton, King Yaqi, Mamat Bayhaqi, Lita Sosialita, dan Takim Actore actor. Pertunjukan ini akan digelar keliling di lima titik di sekitar Bojonegoro, antara lain: Sumberejo, Dander, Kalitidu, Rengel, dan Bojonegoro kota. 

Rumah [te]Tangga diadaptasi dari naskah Sayang Ada Orang Lain karya Utuy Tatang Sontani. Rumah [te]Tangga ditulis dengan memperhitungkan bahasa dan budaya daerah setempat sehingga akan banyak menyinggung permasalahan-permasalahan yang dekat dengan dikampung seperti masalah hutang pernikahan dini, ekonomi, hutang pihutang, culture sosial di kampung, hingga perceraian.

Adegan-Adegan Rumah [te]Tangga akan dibungkus dengan tragedi komedi. Komedi digunakan sebagai upaya mempertahankan segi hiburan untuk masyarakat sedangkan tragedi digunakan untuk mempertahankan isu-isu penting yang terkandung didalamnya.

Isu yang diangkat berakar pada pernikahan dini. Berdasarkan data UNICEF, Indonesia menduduki peringkat ke-8 di dunia dan ke-2 di ASEAN dengan jumlah pernikan dini terbanyak dengan jumlah pernikahan dini sebesar 1.459.000 kasus.

Kasus tersebut banyak ditemukan di daerah-daerah kecil. Pernikahan dini dapat menghasilkan berbagai dampak karena dilakukan tanpa adanya kesiapan secara fisik, mental, dan materi dalam menjalankan rumah tangga.

Ketidaksiapan fisik, mental, dan materi merujuk pada emosi pasangan pernikahan dini yang terbilang masih labil dapat menggoyahkan rumah tangga. Permasalahan tersebut diperkuat dengan tetangga yang selalu ikut campur permasalahan rumah tangga seperti kehidupan sosial dikampung pada umumnya.

Selain permasalahan mental, masalah ekonomi rumah tangga juga menjadi poin penting. Besarnya kebutuhan seringkali tidak seimbang dengan pemasukan sehingga memaksa pasangan pernikahan dini melakukan hutang untuk menutupi kebutuhan.

Sementara desakan hutang membuat pasangan melakukan berbagai cara untuk melunasi hutang. Ketidaksiapan dalam membangun prinsip rumah tangga dan ekonomi seringkali berujung pada masalah perceraian.

INFORMASI PERTUNJUKAN:

*Pentas pertama, Sumberejo

- Hari, Tanggal: Jumat, 16 Februari 2024

- Tempat: Sanggar Sastrawijaya, Ds. Pejambon Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro

- Waktu: 20.00 WIB - Seleseai

* Pentas kedua, Dander

- Hari, Tanggal: Jumat, 23 Februari 2024

- Tempat: Gg. Makam merdoyo Rt. 05 Rw. 01 Ds. Dander Kec. Dander Kab. Bojonegoro

- Waktu: 20.00 WIB - Selesai

* Pentas Ketiga, Kalitidu

- Hari, Tanggal: Selasa, 27 Februari 2024

- Tempat: Ds. Sale Kec. Kalitidu Kab. Bojonegoro

- Waktu: 20.00 WIB - Selesai

*Pentas Keempat, Rengel

- Hari, Tanggal: Jumat, 1 Maret 2024

- Tempat: Rumah Budaya, Dsn. Karangtenah Ds. Rengel Kec. Rengel Kab. Tuban

- Waktu: 20.00 WIB - Selesai

* Pentas Kelima, Bojonegoro

- Hari, Tanggal: Jumat, 8 Maret 2024

- Tempat: Actore MediArt, Gg. Modin 1 No. 41a, Kauman, Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro

- Waktu: 20.00 WIB - Selesai

Informasi Lebih Lanjut Hub. 0812 9922 0076.

 

Tag : Seni, budaya, teater, pertunjukkan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat