21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |   19:00 . Terapkan Agroforestri Sistem Silvopastur Pada Kelompok Ternak, Sulistiyo jadi Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   18:00 . Pemkab Harap Pemuda Pelopor dari Bojonegoro Lolos Sampai Nasional   |   17:00 . Daftar 50 Anggota DPRD Bojonegoro Terpilih Periode 2024-2029   |   16:00 . Polisi Buru Emak-emak yang Palak Kasir Toko Pakaian di Bojonegoro   |  
Wed, 29 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kange Yune Ajak Masyarakat Kenali Budaya Lokal Lewat Melukis Batik Jonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 19 November 2023 12:00

Kange Yune Ajak Masyarakat Kenali Budaya Lokal Lewat Melukis Batik Jonegoro

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Melestarikan batik menjadi tanggung jawab bersama yang harus terus digencarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Seperti yang terpantau di area CFD Bojonegoro, Minggu pagi (19/11/2023) tampak paguyuban Kange Yune Bojonegoro mengadakan melukis batik bersama masyarakat yang melintas di area CFD. 

Tak terkecuali anak-anak, kawula muda bahkan orang tua sekalipun begitu antusias menggoreskan tinta di dalam kain motif batik lokal Bojonegoro.

Kange Eka menjelaskan, kegiatan melukis batik Bojonegoro ini digelar untuk mengedukasi anak muda maupun masyarakat dan memperkenalkan motif batik lokal khas Bojonegoro. 

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat juga semakin tahu ragam-ragam motif batik lokal beserta filosofinya. Dan tentunya bangga akan budaya serta tradisi yang ada. 

"Ada 5 motif batik yang kami bagikan untuk masyarakat. Mulai motif Thengul Rancak, Pohon Jati, Bunga Rosela, Sekar Jati hingga pengembangan baru Widosari dari munculnya sebuah desa bernama Kedungsari atau mempresentasikan sebuah legenda," ungkap Kange Eka. 

Terpisah, Ana Galuh Cahya Ningrum asal Ngambon mengaku excited karena baru pertama kali melukis batik. Bahkan ia juga sempat bingung memilih pewarnaan yang pas untuk motif batik tersebut. 

"Seru pengalaman pertama, setahu saya motif daun jati ya jika dilihat dari bentuknya. Harapannya motif batik Bojonegoro makin dikenal masyarakat luar, dan menambah edukasi anak muda agar lebih mencintai batik," ujarnya. 

Senada, Kariyono pria paruh baya asal Kadipaten juga tampak antusias mengikuti melukis batik lokal Bojonegoro. Selain karena menarik juga dapat memperkenalkan warga sekitar akan budaya lokal. 

"Sering melukis juga antar cucu, lalu tahu kalau ada melukis batik di CFD ikut saja. Tadi melukis batik motif Sekar Jati, seru," imbuhnya. [liz/lis]

 

Tag : batik, kange, yune, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat