23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Air dari Sendang Sampang Dipercaya Membawa Berkah

blokbojonegoro.com | Saturday, 30 September 2023 18:00

Air dari Sendang Sampang Dipercaya Membawa Berkah

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Suasana yang sejuk saat memasuki kawasan yang disebut Sendang Sampang, letaknya berada di Dukuh Sampang, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Pohon besar dengan akar yang menjulang, sangat jelas menunjukkan betapa tuanya usia kawasan tersebut.

Adapun keterangan yang diperoleh blokBojonegoro.com saat menemui salah satu tokoh Desa Buntalan yang akrab disapa Mbah Pangat, menjelaskan bahwa Sendang Sampang salah satu Sendang tertua yang ada di Desa Buntalan yang sumber mata airnya dijadikan sumber kehidupan sehari-hari warga masyarakat dari sejak zaman nenek moyang dahulu.

"Bisa dipastikan bahwa airnya tidak pernah habis, karena menurut cerita sesepuh Sendang Sampang sekitar 900 an tahun silam merupakan telaga maju ondo yang sangat lebar. Namun karena ada perubahan zaman, maka lama kelamaan telaga ini dijadikan semacam Sendang. Meskipun saya lahirpun ungkap Supangat sendang di pedukuhan Sampang sudah ada," kata Mbah Pangat.

Menurut keyakinan para warga di air dari Sendang Sampang dipercaya membawa berkah. Banyak warga sekitar diantara mereka pada waktu-waktu tertentu mandi atau ngambil air dengan tujuan ingin naik pangkat bagi pegawai, minum airnya bagi yang ingin jadi kepala desa. "Atau memiliki masalah yang sangat pelik berdasarkan keridhaan Allah SWT bisa tercapai semua hajatan lantaran mandi atau minum air Sendang Sampang," jelas Mbah Pangat.

Di sebelah barat terdapat letupan air. Dulu sebelum banyak bangunan, letupan air ketika muncul sangat sulit dibendung, terus kemudian sebelah utaranya terdapat sumur besar. Sedangkan sebelah selatan terdapat aliran sendang yang dipergunakan warga untuk kebutuhan dapur, mereka baik itu untuk nyuci, mandi, masak dan lain-lain.

"Air yang mengalir dari Sendang Sampang tidak pernah sat meskipun musim kemarau yang panjang, meskipun saat ini airnya cukup untuk kebutuhan rumah kalau zaman dahulu kala Samapi dijadikan pengairan sawah," ungkap Supangat.

Sekitar 2-3 tahun yang lalu Sendang Sampang diambil alih pengelolaannya oleh Pokdarwis, dengan tujuan untuk Objek wisata bagi warga Desa Buntalan maupun masyarakat Kabupaten Bojonegoro pada umumnya.

Secara terpisah Dela salah satu pemilik warung di depan Sendang Sampang mengungkapkan bahwa dengan dijadikan objek wisata maka Sendang ini sering banyak dikunjungi baik oleh kalangan muda-mudi, maupun pengguna jalan yang kebetulan lewat dan mampir berteduh.

"Dengan banyaknya pengunjung maka bagi pedagang sekitar Sendang Sampang mendapatkan keuntungan secara ekonomi," tutup Dela saat diwawancarai awak media blokBojonegoro.com.

Tag : Buntalan, temayang, bojonegoro, sendang, sampang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat