14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengunjungi Rumah Budaya Pak De Yanto Munyuk di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 September 2023 12:00

Mengunjungi Rumah Budaya Pak De Yanto Munyuk di Bojonegoro

Kontributor:  Sahdan

blokBojonegoro.com - Sanggar Abdi Dalem yang didirikan tahun 2016 yang lalu oleh warga Desa/Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Suyanto sebagai wujud kepedulian atas terhadap seni dan budaya.

Selain sebagai Seniman Pak De Yanto Munyuk panggilan akrabnya rumah yang ia dirikan, perpaduan antara budaya Jawa dan Bali atau akulturasi budaya. Terlihat dari bentuk bangunannya kemudian isi dari bangunan tersebut piur desain khas Nusantara.

"Sanggar ini merupakan perwujudan di masa sekarang bahwa betapa tingginya budaya dan nilai ajaran Jawa atau Nusantara," ujar pria 60 tahun itu.

Ludruk dan ketoprak yang sering dipentaskan bagian sebagian kecil dari budaya yang sering dipertontonkan di tengah warga masyarakat. Selain mementaskan Suyanto juga banyak meluruskan sejarah yang kurang tepat dipahami oleh banyak orang. Tugas seniman meluruskan budaya atau sejarah yang kurang tepat berdasarkan data dan fakta yang ada, baik melalui lakon dalam pentas. 

"Sanggar abdi dalem ini merupakan wujud peninggalan budaya masa lampau yang harus diketahui oleh generasi penerus bangsa,"  jelasnya sambil tersenyum saat diwawancarai.

Seni ludruk dan ketoprak sarana untuk belajar bersama anak anak muda, Mahasiswa, pelajar, Bahkan masyakarat yang mau belajar seni dan budaya sampai saat ini tergabung dalam sanggar seni abdi dalem kurang lebih 40-50 orang.

"Tergabung sampai saat ini anak-anak muda kurang lebih sampai 50 an mereka rata-rata berkinginan melanjutkan seni dan budaya peninggalan leluhur kita," imbuhnya.



Secara terpisah Sumantri, seniman dari Padangan mengungkapkan bahwa ke depan Sanggar Seni Abdi Dalem ini memang sangat layak sebagai museum budaya khususnya di Bojonegoro. Hari ini datang selain persiapan pentas dibalai Desa Sugihwaras juga banyak belajar dari Pak De yanto Munyuk tentang berbagai macam seni dan budaya.

"Sengaja bermalam supaya saya dan anak dapat banyak belajar lagi tentang banyak hal sejarah dan seni budaya, ungkapnya.

Terpajang  penuh koleksi penghargaan dari berbagai instansi pemerintah baik dari kabupaten Bojonegoro dan Provinsi Jawa Timur dari berbagai Bupati dan Gubernur Pak De yanto Munyuk seniman Senior yang dimiliki oleh Desa/Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro [sah/ito]

Tag : rumah budaya, Pak De Yanto Munyuk, sugihwaras, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat