17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |   21:00 . PEPC Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi   |   15:00 . 592 Calon Anggota PPK untuk Pilkada Bojonegoro 2024 Jalani Tes CAT   |   13:00 . BPBD Bojonegoro Hentikan Pencarian Mahasiswa yang Diduga Tenggelam   |   08:00 . bloKembang, Rekomendasi Karangan Bunga Bojonegoro Tuban   |   07:00 . Gempa Magnitudo 4.3 di Timur Laut Tuban, Dirasakan di Bawean   |   16:00 . Halal Bihalal MGMP PAI SMA Kabupaten Bojonegoro, Dirangkai Penyerahan Hadiah Juara Got Talent   |   15:00 . Sehari Dua Kecelakaan Maut Terjadi di Bojonegoro, Lima Nyawa Melayang   |  
Wed, 08 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengunjungi Rumah Budaya Pak De Yanto Munyuk di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 September 2023 12:00

Mengunjungi Rumah Budaya Pak De Yanto Munyuk di Bojonegoro

Kontributor:  Sahdan

blokBojonegoro.com - Sanggar Abdi Dalem yang didirikan tahun 2016 yang lalu oleh warga Desa/Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Suyanto sebagai wujud kepedulian atas terhadap seni dan budaya.

Selain sebagai Seniman Pak De Yanto Munyuk panggilan akrabnya rumah yang ia dirikan, perpaduan antara budaya Jawa dan Bali atau akulturasi budaya. Terlihat dari bentuk bangunannya kemudian isi dari bangunan tersebut piur desain khas Nusantara.

"Sanggar ini merupakan perwujudan di masa sekarang bahwa betapa tingginya budaya dan nilai ajaran Jawa atau Nusantara," ujar pria 60 tahun itu.

Ludruk dan ketoprak yang sering dipentaskan bagian sebagian kecil dari budaya yang sering dipertontonkan di tengah warga masyarakat. Selain mementaskan Suyanto juga banyak meluruskan sejarah yang kurang tepat dipahami oleh banyak orang. Tugas seniman meluruskan budaya atau sejarah yang kurang tepat berdasarkan data dan fakta yang ada, baik melalui lakon dalam pentas. 

"Sanggar abdi dalem ini merupakan wujud peninggalan budaya masa lampau yang harus diketahui oleh generasi penerus bangsa,"  jelasnya sambil tersenyum saat diwawancarai.

Seni ludruk dan ketoprak sarana untuk belajar bersama anak anak muda, Mahasiswa, pelajar, Bahkan masyakarat yang mau belajar seni dan budaya sampai saat ini tergabung dalam sanggar seni abdi dalem kurang lebih 40-50 orang.

"Tergabung sampai saat ini anak-anak muda kurang lebih sampai 50 an mereka rata-rata berkinginan melanjutkan seni dan budaya peninggalan leluhur kita," imbuhnya.



Secara terpisah Sumantri, seniman dari Padangan mengungkapkan bahwa ke depan Sanggar Seni Abdi Dalem ini memang sangat layak sebagai museum budaya khususnya di Bojonegoro. Hari ini datang selain persiapan pentas dibalai Desa Sugihwaras juga banyak belajar dari Pak De yanto Munyuk tentang berbagai macam seni dan budaya.

"Sengaja bermalam supaya saya dan anak dapat banyak belajar lagi tentang banyak hal sejarah dan seni budaya, ungkapnya.

Terpajang  penuh koleksi penghargaan dari berbagai instansi pemerintah baik dari kabupaten Bojonegoro dan Provinsi Jawa Timur dari berbagai Bupati dan Gubernur Pak De yanto Munyuk seniman Senior yang dimiliki oleh Desa/Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro [sah/ito]

Tag : rumah budaya, Pak De Yanto Munyuk, sugihwaras, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat