19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Asal Mula Desa Buntalan dan Situs Fosil Jadi Kekayaan yang Terpendam

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 September 2023 23:00

Asal Mula Desa Buntalan dan Situs Fosil Jadi Kekayaan yang Terpendam

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Mayoritas desa di dalam Kabupaten Bojonegoro memiliki dukuh yang lebih dari dua dukuh. Salah satunya berada pada Desa Buntalan, yaitu Dukuh Sampang dan Dukuh Buntalan, menurut sumber dari salah satu tokoh yang bergabung pada pemerintahan Bojonegoro Mbah Supangat mengungkapkan bahwa dikarenakan Dukuh Buntalan lebih tua dari pada Dukuh Sampang sehingga dipergunakan sebagai nama desa. Dalam sejarah dukuh berarti rukun warga ( RW), akan tetapi masyarakat tetap menggunakan kata dukuh dalam suatu wilayah desa.

Sejarah Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro tidak banyak diketahui, hanya diketahui oleh beberapa orang saja, sala satu di antaranya Mbah Supangat yang mendalami. Dalam cerita para tokoh masyarakat yang mendalami sejara Kabupaten Bojonegoro menceritakan asal usul Desa Buntalan konon dahulu kala banyak kerbau buntal yang ciri-cirinya besar, berwana coklat dan putih layaknya seperti kerbau bule, Sehingga disebut buntal atau kerbau buntal.

"Awal mula sejarah Desa Buntalan konon zaman dahulu kala terdapat banyak sekali kerbau yang besar berwana cokelat dan putih, sehingga dijuluki kerbau bule," ujar Mbah pangat sapaan akrabnya saat ditemui awak media.

Tapi di sisi lain sebenarnya Desa Buntalan juga dilihat dari banyaknya pohon buntalan konon pada zaman dahulu kala terdapat banyak pohon tersebut sehingga masyarakat para tokoh masyarakat menjuluki Desa Buntalan. Sedangkan di Dukuh Sampang terdapat banyak pohon Sampang yang memiliki daun yang lebar seperti pohon melinjo akan tetapi struktur daunnya tidak mengkilap layaknya daun melinjo.

"Awal mula disini dahulu kala terdapat hutan rimba yang luas dan diapit oleh pegunungan kapur Utara dan Selatan, serta dialiri sungai Bengawan Solo dan sungai berantas, kira-kira kurang lebih 1000 tahun silam, mulai dihuni oleh orang-orang dari Kerajaan Medang Kamulan, setelah lama dihuni baru muncul sebuah pemukiman," ungkap Mbah Pangat

Di desa Buntalan terdapat beberapa situs diantaran lain: Sendang Sampang, Sendang Kedung Mundung, Sumur Bandung. Selain terdapat situs adapula Fosil yang ditemukan di Desa Buntalan yaitu Fosil Ikan Hiu dan Ikan Paus.

Secara administrasi Desa Buntalan, Kecamatan Temayan, Kabupaten Bojonegoro pernah dijabati oleh beberapa kepala desa diantaranya sebagai berikut:
1. Mbah Sengkrok
2. Cokro Sentono
3. Prayitno
4. Nirman ( Cokro Wijoyo)
5. Pujiantoro
6. Dr. Sujoko
7. Muntotoro

Tag : sejarah desa buntalan, temayang, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat