17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   15:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sejarah Desa di Bojonegoro

Desa Drenges Banyak Daun Sirih Menjulang, Jadi Pelarian Prajurit Mataram

blokbojonegoro.com | Monday, 04 September 2023 21:00

Desa Drenges Banyak Daun Sirih Menjulang, Jadi Pelarian Prajurit Mataram

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Dari hutan belantara dan banyak tumbuh-tumbuhan, akan tetapi di Desa Drenges, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, didominasi oleh daun suruh/sirih yang mendulang setiap sudut. Daunnya mengelilingi sudut-sudut setiap kampung, bunganya indah sehingga terkesan kalau orang atau warga Lewat bahwa tumbuh-tumbuhan yang tidak ditanam ini menghiasi semua pojok dengan bunganya yang tampak indah.

Kepala Desa Drenges, Yaspingi menceritakan, cerita dari leluhur yang pertama membabat alas desa ini di zaman dahulu kala pelarian prajurit Mataraman bernama Mbah Ridwan sekitar tahun 1832 silam. Prajurit Mataraman ini selain memiliki ilmu kadigdayaan juga memiliki ilmu agama yang tinggi terbukti peninggalannya ada masjid serta tempat wudhu peninggalan Mbah Ridwan.

"Sekitar tahun 1832 Masehi Mbah Ridwan memberi nama kampung ini Kampung Drenges karena banyaknya tumbuh-tumbuhan, khususnya daun sirih yang menjulang," ujar Kades saat ditemui blokBojonegoro.com.

Hampir 95 persen masyarakat Desa Drenges mata pencaharian sebagai petani yang mayoritas menggarap lahan Perhutani. Yaspingi menceritakan ada dua sesepuh desa yang paling berjasa baik memberi nama maupun menyiarkan agama Islam di Desa Desa Drenges yaitu Mbah Ridwan dan Mbah Rahman.

Selain Mbah Ridwan ada juga sesepuh desa yang menyiarkan agama Islam pertama di Desa Drenges Mbah Rahman konon muridnya Sunan Giri makamnya di perbatasan Desa Drenges, dan Desa Bareng. Setiap tahun dijadikan tempat sedekah bumi bagi warga Desa Drenges, mayoritas warga desa berkeyakinan ziarah makam Mbah Rahman setiap Jumat Wage.

"Setiap Jumat Wage warga sekitar bertwasul, Tahlilan, yasinan bahkan setiap tahun acara sedekah bumi masyarakat berduyun berduyun datang k makam Mbah Rahman," ujarnya [sah/ito]

Tag : sejarah desa, drenges, sugihwaras, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat