15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hingga 2023 ada 1.655 Keluarga Binaan dari Program Aku Sehat

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 September 2023 12:00

Hingga 2023 ada 1.655 Keluarga Binaan dari Program Aku Sehat Tim Aku Sehat saat menerima kunjungan wartawan di Pusat Informasi Kesehatan (PIK)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Saat Media Nyambangi Lapangan Banyu Urip pada Selasa (19/9/2023), wartawan dari Bojonegoro dan Tuban mengunjungi Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Antara lain Pusat Informasi Kesehatan (PIK) yang ada di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

Berlokasi di Dusun Samben, PIK memiliki petugas paramedis 24 jam non stop. Para petugas yang mumpuni di bidangnya ini selalu siaga di sekitar warga. Selain alat pemeriksaan kesehatan, di PIK juga ada ambulans dan mobil kesehatan yang rutin keliling desa.

Tim PIK sehari-sehari menjalankan Program Aku Sehat (Gerakan Komunitas Sadar Kesehatan). Sebuah inisiasi untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat sekitar Lapangan Banyu Urip. 

“Selain mengobati, menjaga kesehatan jauh lebih penting,” ucap Manager Tim Aku Sehat, Dhamar Arizona, S.Kep kepada para awak media. 

Dhamar memaparkan, program Aku Sehat dilaksanakan dengan penguatan pilar desa sehat melalui pendekatan keluarga dan komunitas. Dalam kegiatan program, terdapat beberapa upaya baik preventif maupun kuratif dasar. Mulai dari monitoring harian yang dilakukan sebanyak 4 kali dalam 1 hari di 4 titik, hingga penguatan Keluarga Binaan sebagai upaya edukasi kesehatan.

“Keberadaan pos PIK juga sebagai bagian dari media komunikasi antara pihak EMCL dengan masyarakat atau sebaliknya," imbuhnya.

Dhamar menjelaskan bahwa keberadaan PIK dan program Aku Sehat merupakan bagian dari upaya EMCL dalam memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Lapangan Banyu Urip yang memiliki tingkat keselamatan dan keamanan yang tinggi. Termasuk potensi resiko terhadap kesehatan. 

Selebihnya, tim PIK menjadi tim cepat tanggap jika ada potensi resiko, terutama tentang kesehatan, psiko, dan sosio. Tim PIK menjadi tim pertama yang akan turun dalam penanganan potensi resiko kesehatan apabila ada situasi tidak normal di Lapangan Banyuurip.

“Sejauh ini kami lebih banyak berkecimpung dengan masyarakat dan menjadi andalan untuk konsultasi kesehatan,” tutur Dhamar. 

Gambaran kesehatan masyarakat di wilayah Lapangan Banyu Urip, kata Dhamar, bisa dikategorikan sebagai pre-mandiri. Penilaian ini berdasarkan hasil pengkajian selama kunjungan pada Keluarga Binaan yang telah tim lakukan sejak 2017. Aku Sehat konsisten melaksanakan program di 4 desa, yakni Desa Mojodelik, Bonorejo, Brabowan, dan Gayam.

"Di tahun 2023 ini, fokus pada penguatan gizi balita sehat di 50 keluarga. Serta ada desa yang meminta perhatian pendampingan keluarga yang terkena Diabetes Melitus,” katanya.

Program Aku Sehat Tim PIK hingga tahun 2023 ini mendampingi 1.655 keluarga binaan. Selama periode itu, PIK bersama Puskesmas Gayam dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro telah melakukan 4.841 pemeriksaan dan pengobatan bagi masyarakat. 

“Kita juga telah melakukan 161 kali pertemuan simpul kelompok Keluarga Binaan di 4 desa ini," pungkasnya.

Tag : aku sehat, pusat informasi kesehatan, pik, mojodelik, gayam, ExxonMobil Cepu Limited, EMCL



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat