18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pondok Pesantren Manba'ul Ulum Raih Juara 1 Program Santri Makmur se-Jawa Timur

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 September 2023 20:00

Pondok Pesantren Manba'ul Ulum Raih Juara 1 Program Santri Makmur se-Jawa Timur

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com -  Program santri Makmur merupakan kegiatan pondok pesantren bekerjasama dengan pihak Petrokimia Gresik, salah satu kegiatan yang sangat positif untuk menambah wawasan bagi santri yang bertujuan untuk menggali potensi serta memberikan edukasi, demi kemandirian bagi santri secara ekonomi.

Utusan Pondok Pesantren Manba'ul Ulum Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro Ngateno mengungkapkan, karena kedepan tentu santri diharapkan tidak hanya menguasai urusan agama akan tetapi, keberlanjutan ekonomi juga merupakan tugas santri yang menjadi penerus bagi keberlanjutan pangan.

Oleh karena itu ungkap Ngateno santri harus berdikari dalam mengelola potensi sumber daya alam yang dimiliki.

"Keberlangsungan serta keberlanjutan pangan kedepan merupakan tugas santri yang menjadi generasi penerus harapan umat serta negara bangsa," ungkap Ngateno.

Pendamping santri Manba'ul Ulum Gus Syechun Nujaba menjelaskan tahun ini program santri Makmur salah satu kegiatan ekstrakulikuler bagi para, Pondok Pesantren Manba'ul Ulum memberikan ruang edukasi dibidang pertanian bagi para santri.

Para santri tahun ini memulai program santri Makmur dengan menanam Jagung dengan jumlah lahan yang ditanam kurang lebih setengah hektar, awal mula 1 hektar yang diajukan kepihak Petrokimia Gresik dengan berbagai pertimbangan maka yang disetujui setengah hektar.

"Melihat kemampuan serta potensi para santri yang berjumlah 10 orang yang akan menggarap atau diterjunkan khusus mengelola lahan ia lebih dari cukup setengah hektar dengan alhasil panen sangat memuaskan," ungkap Gus Syechun Nujaba saat ditemui awak media

Dari 12 pondok pesantren yang mengikuti kegiatan pemula program santri Makmur Petrokimia Gresik yang terpilih sebagai juara 1 pondok pesantren Manba'ul Ulum Kabupaten Bojonegoro.

Lingga dari Petrokimia Gresik memaparkan santri yang diundang dalam program santri Makmur kurang lebih 12 Pondok Pesantren se-Jawa Timur adapun nama-nama Pondok Pesantren yang ikut dalam program pemula ini sebagai berikut: 

1. PP Manba'ul Ulum Kabupaten Bojonegoro Komoditi Jagung

2. PP Fathul Ulum Kabupaten Jombang komoditi jagung manis

3. PP Darussalam Kabupaten Banyuwangi komoditi cabai

4. PP Al-Karimi Kabupaten Gresik komoditi padi

5. PP Mambadi'ul Ikhsan Kabupaten Banyuwangi komoditi jagung

6. PPPIA Jeru Kabupaten Malang komoditi jagung manis

7. PP Nurus Shobah Kabupaten Ngawi komoditi kacang tanah

8. PP Al-Hidayah Kabupaten Sidoarjo komoditi padi

9. PP Al-Isyro Kabupaten Tuban komoditi bawang merah

10. PP Roudlotul Tholibin Kabupaten Probolinggo komoditi bawang merah

11. PP Al- Falah Kabupaten Jember komoditi padi

12. PP Darul Hikmah Kabupaten Lamongan komoditi jagung

 

Tag : Ponpes, Bulu, Sugihwaras



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat