20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Menulis 3 Jam Bersama 3 Cah Jonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 September 2023 18:00

Bojonegoro Menulis 3 Jam Bersama 3 Cah Jonegoro

Reporter : Lizza Arnofia 

blokBojonegoro.com - Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar seminar kepenulisan yang diikuti ratusan Mahasiswa pada Rabu (20/9/2023). 

Kampus Yellow juga turut mengundang tiga penulis kelahiran Bojonegoro. Yakni Teguh Haryono, Soesi Sastro dan Wina Bojonegoro. Seminar tersebut dimoderatori oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Kimia Unigoro, M. Bakhru Thohir, S.Si., M.Sc.

Menurut Hariaja selaku Event Organizer Seminar Kepenulisan Universitas Bojonegoro, bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang kekuatan literasi untuk mendukung keahlian Mahasiswa. Termasuk dalam menghadapi persaingan di dunia global yang membutuhkan ketrampilan menulis.

"Narasumber sekaligus penulis memberikan motivasi tentang tata cara menulis non fiksi dan fiksi. Jadi tidak hanya memberikan praktik tulis menulis saja," ujarnya. 

Pihaknya berharap, nantinya para generasi muda Bojonegoro bisa menuangkan ide gagasan dalam bentuk tulisan yang baik. Juga aktivitas di seputar Bojonegoro bisa dituangkan d kedalam bentuk literasi yang menarik. 

"Harapannya UNIGORO bisa menindaklanjuti kegiatan-kegiatan pelatihan yang lebih kongkrit dan lebih dalam lagi," ucapnya. 

Sementara itu, Teguh Haryono atau akrab disapa Mas Teguh, menambahkan, siapapun bisa menjadi penulis. Seperti pengalam pribadinya yaitu berlatar belakang sebagai insinyur, hingga akhirnya memilih menulis terkait artikel ilmiah dan jurnal yang dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional.

"Ada empat hal penting untuk menjadi penulis. Pertama, jangan pikirkan teori menulis, lalu berlatihlah menulis hal-hal yang ringan. Kemudian jangan menulis sesuatu yang tidak dikuasi dan gaya menulis itu bisa datang dengan sendirinya," imbuhnya. 

Senada Soesi Sasto selaku Eks.Public Relation Perum Perhutani ini membeberkan cara menulis artikel untuk media massa. Menurutnya, penulis terlebih dahulu membuat struktur artikel yang terdiri dari tema, judul yang bisa merangkum isi tulisan keseluruhan. Lalu lead atau rangkuman gagasan penting di paragraf pertama, dan tubuh tulisan.

"Jika digambarkan, teknik penulisan artikel adalah piramida terbalik. Nah, di sinilah penulis harus percaya diri dan memposisikan dirinya sebagai pembaca. Dan yang terpenting, anda akan bisa menulis jika anda banyak membaca,” beber penulis bernama asli Susetyaningsih Sastro Prawiro. [liz/ito]

 

Tag : Unigoro, Bojonegoro, literasi, membaca, menulis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat