22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Cacar Air, Ini Tips Ketika Orang Terdekat Terkena Cacar Air

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 September 2023 15:00

Waspada Cacar Air, Ini Tips Ketika Orang Terdekat Terkena Cacar Air

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Cacar air menjadi penyakit yang sangat tidak ingin dialami siapa saja. Terutama dewasa, pasalnya penyakit ini dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik atau vesikel di sekujur tubuh.

Kemunculan bintik-bintik akibat penyakit cacar air juga bisa menyebabkan gangguan penampilan. Tidak heran, sebagian penderita memilih untuk mengurung diri di rumah. 

Penyebab cacar air sendiri berasal dari virus varicella. Virus ini sangat menular dan bisa menyebar lewat udara, juga mampu hidup dalam lendir hidung dan tenggorokan. Sehingga bisa menyebar ke udara saat bersin maupun batuk.

"Seseorang yang berisiko terserang cacar air, pertama karena tidak pernah vaksin atau tidak pernah terkena cacar air sebelumnya," tegas Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Bojonegoro, Paiman. 

Lalu memiliki imunitas yang lemah dan bertempat tinggal atau sering beraktivitas di tempat/lingkungan yang padat penduduk. Juga kontak langsung dengan penderita cacar air, hingga kurang baik dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 

Pihak Dinkes Bojonegoro, juga memberikan tips kepada masyarakat agar tidak mudah tertular cacar air. Pertama wajib mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap selesai kontak dengan penderita, tidur cukup, lalu dilanjutkan gizi seimbang dengan makanan bergizi, minum vitamin untuk meningkatkan imunitas. 

"Hingga mandi dengan air hangat maupun larutan anti gatal apabila sudah terkena cacar air. Kemudian menggunakan krim atau pelembab setelah mandi untuk mengurangi rasa gatal, membersihkan permukaan perabotan di area rumah," ucapnya.

Selanjutnya, mengingatkan anggota keluarga yang terinfeksi cacar air untuk tidak menggaruk ruam, karena cairan di dalam ruam tersebut mudah menular.

Dan memotong kuku penderita atau meminta penderita mengenakan sarung tangan berbahan katun, untuk mengurangi risiko kerusakan kulit akibat garukan.

"Juga mengimbau penderita untuk tetap di rumah sampai semua ruam kering. Lalu menghindari kontak dengan orang sedang yang terkena cacar air, dan minum obat penurun panas untuk mengatasi demam," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Kesehatan, cacar, air



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat