10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Mon, 15 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Senyum Bahagia Mahasiswa RPL Desa Raih Gelar Sarjana

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 September 2023 13:00

Senyum Bahagia Mahasiswa RPL Desa Raih Gelar Sarjana

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Dua tahun lamanya para pegiat desa rampung menempuh kuliah jenjang S1 Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa di Universitas Negeri Surabaya. Sejumlah 582 mahasiswa RPL Desa Kab. Bojonegoro akhirnya lulus ujian skripsi dan mengantongi Surat Penetapan Kelulusan (SPK). Hal tersebut sekaligus mengantarkan mereka menuju panggung Wisuda Sarjana Ke-107 Universitas Negeri Surabaya yang digelar pada hari senin, 18/09/2023 di Graha Unesa Lidah Wetan Surabaya.

Sehari sebelumnya, sebanyak 384 pegiat Desa Kab. Bojonegoro yang memilih kuliah RPL di Universitas Negeri Yogyakarta sukses ikuti prosesi wisuda sarjana bertempat di gedung Performance Hall UNY, dengan rincian 16 orang dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 186 orang dari Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik, dan 182 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pegiat desa tersebut meliputi Kepala Desa, Perangkat Desa, BUMdes serta Karang Taruna dan PKK. Sehingga total terakumulasi ada 966 wisudawan/wati (UNY dan Unesa) kini meraih gelar sarjana.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dalam pidatonya menjelaskan, Program RPL Desa Jenjang S1 dan Jenjang S2 merupakan salah satu bentuk komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia, khususnya para pegiat pemberdayaan dan pembangunan Desa, guna mendukung percepatan kemandirian Desa. Oleh karena itu setelah beberapa program memajukan SDM agar Bojonegoro semakin unggul melalui beasiswa satu desa sepuluh sarjana, beasiswa scientist, dan beasiswa tugas akhir.

Melalui program RPL Desa Jenjang S1 dan Jenjang S2, maka diberikan kesempatan atau jalan lain memperoleh ijazah bagi pegiat pemberdayaan dan pembangunan Desa, yaitu dalam hal ini Kepala Desa, Perangkat Desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa, Pengelola BUM Desa/BUM Desa Bersama dan Tenaga Pendamping Profesional. 

Dengan demikian, metode rekognisi, perkuliahan menjadi lebih singkat, dengan metode belajar yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, tanpa mengganggu pelaksanaan tugas utama di Desa. Namun meski begitu, pelaksanaan program RPL Desa Jenjang S1 dan Jenjang S2 ini tetap tidak mengesampingkan penjaminan mutu sebagaimana standar yang selama ini dipedomani perguruan tinggi, sehingga output lulusan dipastikan tidak akan kurang kualitasnya atau bahkan lebih dibandingkan mahasiswa program regular bahkan beberapa lulusan mendapatkan nilai cumlaude di masing-masing prodi, tegas Bupati.

Dalam orasi ilmiah Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar sampaikan, Wisuda Ke-107 Unesa jenjang Ahli Madya, Sarjana, Sarjana Terapan, Magister, Dan Doktor melalui tradisi akademik, inovasi sistem pendidikan, adalah bagian dari upaya terus menerus yang harus diseriusi. Sehingga kita betul-betul mampu mengawal kualitas pendidikan nasional sesuai tantangan zaman. "Ini adalah soal pendidikan kita, pendidikan yang unggul dan merata, yang mendorong terbentuknya manusia unggul dan berbudaya, berdaya secara lahir, maupun batin," ujar Cak Imin.

Pihaknya mengaku terus mendorong untuk melahirkan masyarakat madani, masyarakat yang mampu menjadi bangsa yang berorientasi pada keadilan, kebhinekaan, dan persatuan.

Lebih lanjut dikatakan, pendidikan bukan hanya urusan Unesa, melainkan urusan negara dan seluruh bangsa. Kita semua bida berkontribusi melalui pendidikan tinggi, Unesa menjadi lokomotif perubahan jangka panjang serta kerja negara di dalam membangun kualitas pendidikan sumber daya manusia.

"Pendidikan bukan hanya mencerdaskan, tetapi juga memberdayakan, wisudawan-wisudawan harus siap berdaya dan juga siap meberdayakan lainnya," imbuhnya. 

Senyum sumringah begitu terasa, Abdul Rohim insan desa jurusan Administrasi Negara yang keseharian mengurus ternak kambing dan aktif di BUMdes Desa Sarangan Kecamatan Kanor tersebut tali toganya berpindah ke kanan. "ni momentum tak terlupa dan menjadi semangat dalam membangun SDM Bojonegoro kedepan, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah atas program yang luar biasa ini," kesannya. [lis]

Tag : Beasiswa, sarjana, rpl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat