21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cerita Desa Trate Diambil dari Nama Bunga

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 October 2023 07:00

Cerita Desa Trate Diambil dari Nama Bunga

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Konon zaman dahulu pedukuhan ini terdapat hutan belantara semasa kerajaan, hingga kemudian datang penjajahan Kolonial Belanda masih ditemukan hutan tersebut, akan tetapi banyak sekali bunga teratai di setiap sudut pedukuhan.

Sehingga para sesepuh yang ada pada masa itu bersepakat memberikan nama Desa Trate. "Tidak jauh beda memang dengan pemberian nama desa yang lain berdasarkan penemuan para tokoh masyarakat dan tokoh agama, yang saat itu duduk bersama untuk memberikan nama suatu tempat, lebih-lebih nama desa," ungkap Joyoboyo Muslimin.

Selain itu di desa ini, tokoh agama yang pertama kali menyi'arkan agama Islam adalah Mbah Yai Marzuki, terbukti dengan adanya peninggalan berupa Langgar atau musholla, adapun tempatnya di RT 1, Kiai Marzuki lah yang sangat berperan dalam menyebarkan agama Islam sehingga banyak melahirkan alim ulama sampai saat ini.

"Banyaknya bunga teratai di setiap sudut pedukuhan sehingga para sesepuh bersepakat memberikan nama desa ini Desa Terate," ungkap Joyoboyo Muslimin saat ditemui awak media.

Mayoritas penduduk Desa Terate, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro ini mayoritas petani dan buruh tani, akan tetapi tidak sedikit yang memiliki ternak rumahan, yang dijadikan sebagai kegiatan sehari-hari, untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Selain mayoritas petani dan buruh tani tidak sedikit para warga masyarakat memiliki ternak rumahan yang kemudian dijadikan sebagai sumber pendapatan mereka," jelasnya.

Joyoboyo Muslimin (81) menuturkan, kegemaran anak-anak muda di Desa Trate bermain sepak bola akan tetapi sampai saat ini belum memiliki lapangan, tentu harapan mereka segera ada lapangan bola, untuk bermain para generasi muda. 

"Keinginan generasi muda yang gemar bermain bola tentu ingin punya lapangan sebagai penunjang minat dan bakat mereka," tutup Joyoboyo Muslimin sambil tersenyum saat diwawancarai. [sah/mu]

Tag : Cerita desa, sejarah desa, desa trate



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat