18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HJB 346

Prosesi Penyemayaman Api Abadi hingga Grebeg Berkah Hari Jadi Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 19 October 2023 21:00

Prosesi Penyemayaman Api Abadi hingga Grebeg Berkah Hari Jadi Bojonegoro

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyemayamkan api abadi di Pendopo Malowopati Bojonegoro (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) Ke 346 tahun, dengan berbagai kegiatan, diantaranya dengan melakukan grebeg berkah hingga penyemayaman api abadi dari Khayangan Api Bojonegoro, Kamis (19/10/2023).

Kegiatan dimulai dengan melakukan kirab api abadi dari Gedung Bakorwil Bojonegoro yang dibawa oleh Camat Ngasem. Selanjutnya, api tersebut dikirab dan diserahkan ke Camat Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro hingga berakhir di tangan Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto di Pendopo Malowopati Bojonegoro.

Selanjutnya, api tersebut disemayamkan dalam sebuah tungku. Dalam penyemayaman api ini disambut dengan tari khayangan api yang dibawakan para penari dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro.

Usai melakukan penyemayaman, Pj Bupati Bojonegoro beserta Forkopimda, Anggota DPRD Bojonegoro, OPD, Camat dan Kades se-Kabupaten Bojonegoro melakukan kirab gunungan dari hasil bumi Bojonegoro, dan dibawa mengelilingi Alun-alun Bojonegoro.

Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto mengungkapkan, Grebeg Berkah Bojonegoro ini terdapat tiga prosesi yang telah dilewati. Mulai dengan pengambilan api dari Khayangan Api Abadi, kemudian disemayamkan di Pendopo Malowopati Bojonegoro.

Pengambilan dan penyemayaman api abadi ini bermakna memupuk dan melestarikan semangat kerja keras dan tekad membangun masyarakat Bojonegoro. Seperti api tersebut yang tak kunjung padam.

“Penyemayaman api abadi abadi ini bermakna memupuk dan melestarikan semangat kerja keras dan tekad membangun masyarakat Bojonegoro,” ungkap Pj Bupati.

Kemudian dilakukan prosesi kirab dan grebeg berupa tumpeng agung, yang berisi segala hasil bumi dan hasil alam Bojonegoro. Hal itu, menunjukkan bahwa kesuburan tanah Bojonegoro ini.

“Dan tentunya semua hasil ini harus dirasakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Bojonegoro,” terang pria kelahiran Palembang itu.

Ketiga, prosesi dilanjutkan dengan doa bersama lintas agama, yang bermaksud menunjukkan spiritual yang tinggi dan keyakinan beragama masyarakat Bojonegoro. Tentunya, masyarakat Bojonegoro ini sangat pluralisme dalam kerukunan umat beragama.

“Mari terus kita jaga persatuan, terutama menjelang tahun-tahun politik ini, mari bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan dan tentunya juga aktif dalam proses pemilihan nanti,” jelasnya.

Adriyanto berharap, dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat bisa bersama-sama melestarikan serta mengembangkan budaya lokal, dan tentunya semakin bangga terhadap jati diri Bojonegoro.

“Sebagaimana tema hari jadi yang ke-346 ini, yakni SDM Berkualitas Membangun Sampai Tuntas,” pungkasnya. [riz/ito]

Tag : Hjb 346, hari jadi Bojonegoro, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat