13:00 . Pilkada Berpotensi Paslon Tunggal, Ini Langkah KPU Bojonegoro   |   11:00 . Dukungan Relawan Setyo Wahono Dikemas 'Dungo Bareng' 3 Desa di Baureno   |   09:00 . SKK Migas Apresiasi Peran Media Dorong Kemajuan Industri Hulu Migas   |   20:00 . Partai Golkar Resmi Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   18:00 . Relawan Pasopati Seno Adakan 'Dungo Bareng Menangke Mas Wahono'   |   17:00 . 3 Rumah Warga Ludes Terbakar Akibat Bediang, Kerugian Ditaksir Rp503 juta   |   16:00 . Hari Ini Golkar Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   14:00 . PAN Bojonegoro Beri Sinyal Manuver ke Wahono-Nurul, Lasuri: Tegak Lurus Putusan DPP   |   13:00 . Pelaku Begal Payudara di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   06:00 . Pulang Kerja, Perempuan di Bojonegoro Jadi Korban Begal Payudara   |   18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |  
Sat, 27 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 May 2024 15:00

Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati Independen, Nurul Azizah dan Nafik Sahal akan menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro.

Gugatan tersebut, lantaran berkas dukungan dari masyarakat untuk persyaratan Bapaslon Independen, Nurul-Nafik yang terinput di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) hanya terinput 59.891 berkas. Sedangkan, berkas fisik yang telah diserahkan ke KPU berjumlah 75.777 berkas.

Jumlah tersebut telah melebihi batas minimal berkas dukungan yang ditentukan KPU, yakni sebanyak 67.200 berkas dukungan. Namun, Liaison Officer (LO) Bapaslon Nurul-Nafik saat menginput ke Silon hanya terinput sebanyak 59.891, lantaran aplikasi tersebut sering terjadi error.

Perwakilan Bapaslon Nurul-Nafik, Hamida Hayati mengungkapkan, pihaknya merasa dirugikan oleh keputusan KPU, lantaran berkas fisik yang sebenarnya telah mencapai batas minimal. Namun, saat diinput di aplikasi Silon, kurang dari jumlah yang ditentukan.

“Kami keberatan pengembalian itu hanya karena kurang sempurnanya aplikasi alat bantu yang bernama Silon,” ungkap Hamida, Sabtu (18/5/2024).

Kakak pertama Nurul Azizah itu menjelaskan, Silon itu hanya alat bantu, dan aplikasi milik penyelenggara Pemilu itu kerap error. Sehingga, mengalahkan dukungan riil masyarakat yang sudah diterima KPU. Bahkan, jumlahnya sudah memenuhi syarat.

“Kita mohon agar Bawaslu menerima keberatan kami dan bawaslu memerintahkan KPU untuk memberikan tambahan waktu 3x24 jam untuk pasangan Nurul Azizah-Gus Nafik melanjutkan input ke Silon dan melanjutkan tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo mengaku, pihaknya belum menerima permintaan sengketa dari Bapaslon Independen yang hendak menggugat.

“Sementara ini permintaan sengketa belum masuk, namun dari pihak Bapaslon konsultasi terkait tata cara permohonan sengketa,” pungkasnya. [riz/mu]

 

Tag : Pilkada bojonegoro, calon bupati bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat