21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |   17:00 . Kemenag Ajak KBIHU Edukasi Jemaah Terkait Murur   |   16:00 . Tak Cukup Bukti, Kejari Bojonegoro Hentikan Penuntutan Kasus Dugaan Pencurian Ayam   |   12:00 . Ke Arafah Gunakan Smart Card, Ini Prosedurnya   |   10:00 . KBIHU Attanwir Ajak Jemaah Haji Ziarah ke Mbah Moen   |   08:04 . Ziarah ke Pesarean Mbah Moen di Ma'la   |   18:00 . Perajin Batik Binaan EMCL Hadir di Pekan Batik Daerah, Omset Melonjak   |   17:00 . Kejari Bakal Kembali Periksa Pejabat Pemkab Bojonegoro Soal Mobil Siaga, Siapa Saja?   |   16:00 . Puluhan DU DI dan UMKM Semarakkan Job and Edu Fair SMK Negeri 1 Bojonegoro   |   15:00 . Tragis, 3 Sapi 1 Rumah di Terbakar, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   13:00 . Perwakilan Peserta Pekan Batik dari Berbagai Daerah Ikuti Farm Trip Wisata Bojonegoro   |   09:00 . Lagi, 1 Tersangka Diseret Kejari Dalam Kasus Kredit Fiktif Bank Daerah Bojonegoro   |   18:00 . 1.935 Tenaga PPPK di Bojonegoro Terima SK   |   15:00 . Horeee....!!! 408 Kades di Bojonegoro Dapat Tambahan Masa Jabatan 2 Tahun   |   13:00 . Puncak Kemarau di Bojonegoro Diprediksi Terjadi Juli hingga Agustus   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal

blokbojonegoro.com | Friday, 17 May 2024 15:00

KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal LO Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal saat menyerahkan berkas dukungan di KPU Bojonegoro (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro mengembalikan berkas dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) independen bupati-wakil bupati Nurul Azizah dan Nafik Sahal yang bakal berkontestasi di Pilkada Bojonegoro 2024.

Ketua KPU Bojonegoro, Fatkhur Rohman mengungkapkan, pihaknya telah mengembalikan berkas dukungan bapaslon Nurul Azizah - Nafik Sahal pada Kamis (16/5/2024) sekitar pukul 19.00 malam.

Pria yang akrab disapa Rohman itu menyebut, jumlah data yang diinput di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) tak terpenuhi atau kurang dari minimal persyaratan. Pasalnya, yang terinput dalam Silon hanya 59.891 berkas, sedangkan minimal berkas yang harus diinput, yakni 67.200 berkas.

"Ini baru 59.891 (berkas dukungan yang terinput di Silon), maka berkas kami kembalikan,” ungkap Fatkur Rahman, Jumat (17/5/2024).

"Tetapi perlu untuk dicatat, Silon ini kan alat KPU, yang menutup otomatis sesuai batas maksimal 3 x 24 jam, maka berapapun yang jumlah data terinput akan tertutup sesuai waktunya," sambungnya.

Pria asal Kabupaten Gresik ini menjelaskan, jumlah berkas fisik dukungan yang diserahkan oleh Liaison Officer (LO) dan tim Bapaslon Nurul Azizah - Nafik Sahal sebanyak 75.777 sesuai dengan jumlah di soft copy.

"Jadi kalau di hard dan soft copy terpenuhi. Tetapi ada regulasi yang mengatur, baik bukti fisik dan Silon harus terpenuhi dua-duanya," jelasnya.

Rohman menambahkan, KPU telah memberikan kesempatan kepada Bakal Pasangan Calon Perseorangan untuk melakukan input data ke Sistem Pencalonan (Silon) KPU selama 3 x 24 jam sejak dterbitkannya tanda penerimaan dan Berita Acara Penerimaan.

"Dari hasil input data di Silon diketahui bahwa belum semua berkas dukungan diinput, ada kekurangan sekitar 7.000 berkas dukungan," tambahnya.

Sementara itu, perwakilan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal, Hamida Hayati mengungkapkan, pihaknya akan menggugat KPU, sebab ada kendala atau masalah pada aplikasi milik penyelenggara pemilu itu.

"Yang jadi masalah (salah satunya) servernya ada hubungan dengan jaringan sering eror, nanti ini yang digugat," terang kakak pertama Nurul Azizah itu.

Terpisah, Ketua Bawaslu Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo membenarkan bahwa, terdapat mekanisme penyelesaian sengketa pemilihan melalui Bawaslu. Dokumen tanda pengembalian dapat dijadikan Objek Sengketa Pemilihan.

"Semalam kami dapat surat yang menyatakan keberatan, disampaikan LOnya (Nurul Azizah - Nafik Sahal," pungkas Hans, sapaan akrabnya. [riz/mu]

 

Tag : Pilkada, calon bupati bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat