09:00 . Pajak; Penggerak Mutu Pendidikan Nasional   |   06:00 . Daulat Budaya Nusantara Awali Perjalanan Budaya di Bojonegoro   |   15:00 . Sayyid Zulfikar Menggema di Haul Pendiri Ponpes Attanwir   |   13:00 . Hore!!! Polres Bojonegoro Dapat Hibah Lagi Rp7,2 Miliar dari Pemkab   |   11:00 . Ratusan Alumni Ikuti Halaqoh Pengusaha Attanwir   |   22:00 . Temu Alumni, IKAMI ATTANWIR Hadirkan Pengusaha Muda   |   21:00 . Puncak Haul ke 32, Dihadiri Gus Muwafiq dan Sayyid Zulfikar   |   20:00 . HUT Bhayangkara ke-78, Polsek Padangan Bagikan Sembako dan Tanam Pohon Serentak   |   19:00 . 65 Hafidz Khataman di 13 Musala Talun   |   18:00 . Kelola Keuangan Rumah Tangga Pakai BRImo, Nasabah BRI Bojonegoro Anggap Kemudahan Super Apps   |   16:00 . Sebulan Beraksi di 5 TKP, Dua Maling Motor di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   15:00 . Usai Salat Tahajud, Pemuda Bojonegoro ini Gasak Mixer Masjid   |   12:00 . PEPC Gelar Lokakarya Sinergi Perencanaan PPM dengan Stakeholder   |   10:00 . Nasabah BRI Asal Kalitidu Sukses Berbisnis Kue Hingga Buka Lapangan Pekerjaan di Desa   |   21:00 . 6 Terdakwa Dewasa Pengeroyokan Maut di Bojonegoro Disidangkan di Surabaya   |  
Sun, 30 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nasabah BRI Asal Kalitidu Sukses Berbisnis Kue Hingga Buka Lapangan Pekerjaan di Desa

blokbojonegoro.com | Thursday, 27 June 2024 10:00

Nasabah BRI Asal Kalitidu Sukses Berbisnis Kue Hingga Buka Lapangan Pekerjaan di Desa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Jauh sebelum membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan merek dagang BUNDA ADIT, Lia, warga asalKecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, sudah lama membayangkan memiliki bisnis sendiri.

Alasannya bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi, melainkan agar bisa membantu meringankan beban ekonomi tetangga di sekitar rumahnya. Bahkan jauh sebelum memiliki usaha, Lia berangan-angan suatu saat pengen mengajak (memberdayakan) ibu-ibu yang tidak punya pekerjaan.

"Akhirnya keinginan itu terwujud. Saya mengajak mereka yang punya kemauan, tidak harus bisa baking (membuat kue)," ungkap Lia.

Menurutnya, setiap hari ada dua ibu-ibu yang membantu Lia memasak dan membuat kue. UMKM BUNDA ADIT memproduksi beragam jenis donat seperti bomboloni dan donat toping, serta beberapa jenis masakan seperti gado-gado hingga pempek. Selain itu, Lia juga sering menerima pesanan kue ulang tahun dan katering nasi kotak atau prasmanan.

Kini, UMKM "Bunda Adit" tidak hanya berhasil mewujudkan cita-cita Lia memberdayakan tetangganya. Cuan yang ia dapat dari bisnis kue dan katering bisa ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan harian serta berdonasi untuk pihak yang membutuhkan. 

"Senang berbagi kepada orang lain dan merasakan kebahagiaan tersendiri karena hal itu. Selalu saya siapkan (uang) khusus untuk donasi bulanan, walaupun sedikit ya nominalnya,” ujarnya.

Lebih jauh, Lia blak-blakan mengungkapkan bahwa bisnisnya berkembang bukan semata-mata karena kerja kerasnya. Salah satu pihak yang berperan besar dalam perkembangan UMKM BUNDA ADIT ialah PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.

"Ikut program KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI sejak tahun 2010, waktu itu usaha pertama saya kerupuk jagung, tapi kemudian saya berhenti karena harga bahan bakunya mahal. Sampai sekarang usaha kue dan katering ini ya masih ikut KUR,” jelas Lia.

Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya program KUR BRI. Pinjaman modal dari Bank BUMN ini ia manfaatkan untuk membeli alat-alat produksi seperti mixer, alat pengukus, dan lain sebagainya. "Alat-alat produksi ini jadi salah satu factor penentu kualitas produk-produk UMKM Bunda Adit" beber nasabah BRI Unit Kalitidu kepada blokBojonegoro.com. [liz/lis]

 

 

Tag : KUR, BRI



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat