13:00 . Pilkada Berpotensi Paslon Tunggal, Ini Langkah KPU Bojonegoro   |   11:00 . Dukungan Relawan Setyo Wahono Dikemas 'Dungo Bareng' 3 Desa di Baureno   |   09:00 . SKK Migas Apresiasi Peran Media Dorong Kemajuan Industri Hulu Migas   |   20:00 . Partai Golkar Resmi Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   18:00 . Relawan Pasopati Seno Adakan 'Dungo Bareng Menangke Mas Wahono'   |   17:00 . 3 Rumah Warga Ludes Terbakar Akibat Bediang, Kerugian Ditaksir Rp503 juta   |   16:00 . Hari Ini Golkar Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   14:00 . PAN Bojonegoro Beri Sinyal Manuver ke Wahono-Nurul, Lasuri: Tegak Lurus Putusan DPP   |   13:00 . Pelaku Begal Payudara di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   06:00 . Pulang Kerja, Perempuan di Bojonegoro Jadi Korban Begal Payudara   |   18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |  
Sat, 27 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bayar Produk UMKM di Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa Bisa Pakai QRIS, Tinggal Scan Pindai

blokbojonegoro.com | Friday, 07 June 2024 11:00

Bayar Produk UMKM di Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa Bisa Pakai QRIS, Tinggal Scan Pindai

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tampak para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ikut memamerkan hasil olahan produk makanan, minuman, handicraft, meubel hingga batik di acara Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa 2024, Batik ku, Batik mu, Batik Kita Semua di alun-alun Kabupaten Bojonegoro.

Agenda yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini bertujuan memberikan apresiasi kepada pelaku usaha dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro.

Pamerkan Produk Olahan Lokal Berupa Kelor Hingga Pelepah Pisang

Dari puluhan stand, rupanya terdapat salah satu stand pameran UMKM yang unik dan menyita perhatian yang menyajikan produk camilan lokal berupa stik daun kelor, keripik pelepah pisang dan mindik sengon yang menjadi produk andalan Mashallo, milik Yuni Astuti (45). Bahkan stik daun kelor sendiri juga memiliki kemasan eksklusif yang memikat mata calon pembeli.

"Semua pakai bahan baku yang ada di pekarangan, salah satunya pelepah pisang dan daun kelor. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan, terutama daun kelor," ungkap Yuni Astuti.

Harga Jual Produk UMKM Lokal Relatif Terjangkau

Lanjut wanita asal Kapas, harga jual untuk produk yang dipasarkan di pameran UMKM yang diselenggarakan Pemkab Bojonegoro, rupanya relatif terjangkau yakni mulai dari Rp 15.000.

Uniknya, selama pameran UMKM berlangsung. Pihak penyelenggara, selain memberikan peluang berwirausaha bagi para pelaku usaha. Juga mendukung serta pelaku usaha untuk melek digital, terlihat pada ketersediaan e-money atau QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode transaksi yang cukup efisien.

Transaksi Metode QRIS Lebih Aman

Selama pameran berlangsung memang transaksi pakai QRIS, alasan pertama karena lebih aman, customer sekarang banyak yang beralih dari cash money to e-money. Banyak pengunjung yang melakukan transaksi menggunakan QRIS, tinggal scan pindai dan tidak repot cari uang kembalian.

"Rata-rata OPD dan pengunjung dari luar kota yang bayar pakai QRIS. Katanya simpel dan aman," ujar Yuni.

Pameran UMKM Metode Efektif Promosi Produk

Senada, Reni Dermawanti, pelaku usaha asal Sukorejo, Bojonegoro mengaku, dengan adanya pameran MKM pada Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa 2024 yang digelar oleh Pemerintah. Tentu menjadi salah satu metode pemasaran offline yang cukup efektif, bisa memperkenalkan produk  kepada calon konsumen secara lebih luas.

Di stand pameran ini ada produk unggulan khas Bojonegoro, seperti ledre pisang raja yang dikemas lebih eksklusif, kemudian minuman herbal dan makanan siap saji. Tentunya menjadi kesempatan untuk menggali informasi mengenai harga jual, inovasi dan strategi para pesaing di pasar, agar bisa belajar dan mengevaluasi kekurangan produk yang dipasarkan.

"Memuaskan dari segi fasilitas, ruangan lebih sejuk. Bahkan produk kami seperti bakery lebih tahan lama karena sejuk, secara relasi baru dan konsumen baru. Ada juga dari Jakarta penasaran kemudian pesan produk kami,"imbuhnya.

E-Money Kemudahan Bagi Pelaku usaha dan Konsumen, Scan Lalu Pindai Barcode

Masih kata pemilik usaha rumah shastra, produk-produk UMKM yang dipamerkan di pekan batik tersebut, harga jualnya relatif terjangkau atau mulai dari Rp 15.000 hingga 60.000. Bagi konsumen yang tertarik membeli, di arena stand pameran juga menyediakan e-money berupa QRIS.

Dengan harapan, selain memberikan kemudahan transaksi juga rasa aman. Juga salah satu metode yang cukup efisien, pasalnya penguna tinggal pindah dan scan barcode tanpa harus repot mencari uang kembalian.

"Proses transaksi QRIS ini sangat mudah dilakukan di handphone, yang jaga stand tidak perlu repot cari uang pecahan untuk kembalian. Pelaku usaha terhindar dari tindak kejahatan pemalsuan uang dan mudah melakukan penghitungan, dari segi konsumen juga lebih aman non tunai," bebernya. [liz/mu]

 

Tag : pameran , pameran batik, batik, batik bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat