17:00 . Lancar, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Selesai   |   15:00 . Jemaah Mabit di Muzdalifah Setelah Wukuf Arafah   |   13:00 . Si Jago Merah Amuk Warung Sate di Bojonegoro, Bangunan dan Motor Ludes Terbakar   |   12:00 . Larang Takbir Keliling, Polres Bojonegoro Imbau Warga Lakukan Takbiran di Masjid   |   10:00 . Jelang Idul Adha, Polisi di Bojonegoro Kebanjiran Order Kambing Kurban   |   20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   11:00 . Hari Terakhir PPDB, MAN 1 Bojonegoro Penuhi Kuota Rombel   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |  
Mon, 17 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%

blokbojonegoro.com | Friday, 24 May 2024 12:00

Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%

Reporter: Dwi Rahayu

blokBojonegoro.com - Pada April 2024, kredit tumbuh pesat sebesar 13,09% (yoy), dipicu oleh peningkatan kredit di berbagai sektor seperti industri, jasa bisnis, dan perdagangan, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, menyatakan bahwa tingginya permintaan kredit didorong oleh penawaran yang terjaga, didukung oleh permodalan yang kuat, strategi realokasi aset ke kredit, dan penerapan Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) yang memastikan kecukupan likuiditas perbankan.

"Pertumbuhan kredit ini juga didukung oleh peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai 8,21% (yoy) pada April 2024. Dari sisi permintaan, pertumbuhan kredit disokong oleh kinerja baik dari korporasi dan rumah tangga," katanya dikutip dari siaran resminya, Kamis (23/5/2024).

Berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan kredit didorong oleh kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit konsumsi yang masing-masing tumbuh 15,69% (yoy), 13,25% (yoy), dan 10,34% (yoy).

Pertumbuhan juga terjadi pada pembiayaan syariah sebesar sebesar 14,88% (yoy), dan kredit UMKM juga tumbuh 7,30% (yoy).

Dengan perkembangan ini, pertumbuhan kredit tahun 2024 diperkirakan akan terus meningkat mendekati batas atas perkiraan 10-12%. Bank Indonesia akan terus memperkuat kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan mempererat sinergi dengan Pemerintah, KSSK, perbankan, dan pelaku usaha untuk mendukung pertumbuhan kredit/pembiayaan demi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain itu, ketahanan perbankan tercermin dari likuiditas yang memadai, risiko kredit yang rendah, dan permodalan yang kuat. Likuiditas perbankan, yang diukur dari rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK), tercatat tinggi sebesar 25,62%.

"Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) tetap tinggi sebesar 25,96% pada Maret 2024, sementara rasio kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL) tercatat rendah sebesar 2,25% (bruto) dan 0,77% (neto)," jelasnya.

Ketahanan perbankan juga didukung oleh kemampuan pembayaran korporasi yang baik. Hasil stress-test Bank Indonesia menunjukkan bahwa perbankan dan korporasi tetap kuat dalam menghadapi ketidakpastian pasar keuangan global, termasuk risiko dari Utang Luar Negeri (ULN) yang terkelola dengan baik.

Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan KSSK untuk memitigasi berbagai risiko yang dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan. [mu]

Tag : ekonomi, pertembuhan ekonomi, kredit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat